Sukses

Jose Mourinho Kena Pecat, Saham MU Melambung 5,78 Persen

Liputan6.com, New York - Saham Manchester United menguat usai manajemen Manchester United (MU) resmi memecat pelatih Jose Mourinho.

Hal ini mengindikasikan investor menyambut langkah manajemen Manchester United yang memberhentikan Jose Mourinho usai awal musim yang suram.

Saham Manchester United yang terdaftar di bursa saham New York naik 4,2 persen pada pukul 15.00 waktu setempat. Kenaikan saham Manchester United tersebut pertama dalam sepekan, dan sahamnya diperdagangkan 20 persen dari rata-rata volume harian. Volume perdagangan saham sekitar 138,50 juta saham. 

Kemudian pada penutupan perdagangan Selasa waktu setempat, saham Manchester United Plc berkode MANU ini ditutup naik 5,78 persen ke posisi USD 18,30. Saham Manchester United diperdagangkan di posisi terendah USD 17,57 dan tertinggi USD 18,39. Di bursa saham Jerman tepatnya di Frankpurt, saham Manchester United naik 1,4 persen. Sepanjang tahun berjalan, saham Manchester United Plc merosot 12,44 persen.

Hubungan Jose Mourinho dengan Manchester United mencapai titik terendah yang tidak dapat dipulihkan sejak lama. Akan tetapi, akhirnya klub memutuskan untuk memberhentikan Mourinho. Demikian mengutip laman Reuters, Rabu (19/12/2018).

Manchester United, salah satu klub sepak bola yang mencatatkan saham di pasar modal. Klub asal Inggris ini pertama kali go public pada 1990, dan banyak tawaran pengambilalihan yang dilaporkan tidak pernah terwujud sepanjang 1990-an.

Kemudian pengusaha Amerika Malcom Glazer secara bertahap mulai meningkatkan saham di Manchester United dari September 2003 hingga Mei 2005. Kepemilikan saham oleh Glazer mencapai 98 persen.

Pada 2012, Glazer memutuskan untuk mencatatkan saham MU di bursa saham New York dengan menjual 16,7 juta saham, tetapi harganya dijual sekitar USD 14. Angka ini di bawah harga saham IPO yang diharapkan di kisaran USD 16- USD 20.

 

2 dari 2 halaman

Pecat Mourinho, MU Bidik 2 Kandidat Pelatih Baru

Sebelumnya, Manchester United (MU) akhirnya resmi memecat Jose Mourinho sebagai manajer. Pemecatan Mourinho dilakukan manajemen MU setelah tim menelan kekalahan dari Liverpool.

"Manchester United mengumumkan manajer Jose Mourinho telah meninggalkan klub. Klub ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose untuk karyanya selama di Manchester United [MU]. Kami berharap dia sukses di masa depan."

“Seorang manajer sementara baru akan ditunjuk sampai akhir musim saat ini, sementara klub melakukan proses rekrutmen menyeluruh untuk manajer baru, penuh waktu," demikikan bunyi pernyataan resmi klub.

Seperti dilansir Dailymail, untuk sementara asisten pelatih Michael Carrick akan menjadi pilihan sebagai manajer sementara MU. Sedangkan, nama-nama pelatih ternama seperti Zinedine Zidane dan Mauricio Pochettino, dikabarkan menjadi kandidat utama untuk menggantikannya,

Nama Zidane memang santer digadang-gadang sebagai pengganti Mourinho. Pria asal Prancis itu saat ini sedang menganggur usai meninggalkan Real Madrid akhir musim lalu.

MU tertarik dengan tangan dingin Zidane selama memoles Real Madrid. Eks pemain Juventus itu sukses mempersembahkan tiga gelar juara Liga Champions beruntun kepada Los Blancos.

Sementara itu, Pochettino juga dinilai layak menangani tim besar Eropa. Karena itu, MU sangat tertarik merekrutnya mengingat kualitas Pochettino dalam menangani tim.

Pochettino pertama kali melatih Spurs pada tahun 2014 silam. Ia direkrut dari Southampton setelah ia membuat The Saints menjadi kuda hitam yang berbahaya di Liga Inggris.

Bersama Tottenham, Pochettino kembali mengeluarkan magisnya. Ia berhasil membuat tim asal London Utara itu menjadi salah satu tim kuat EPL yang langganan menjadi penantang gelar juara EPL setiap musimnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Servis Tengil Kevin Sanjaya di Indonesia Masters 2019

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ini Total Biaya MU Pecat Pelatih dari Moyes Hingga Mourinho
Artikel Selanjutnya
3 Pemain Ini Bikin Mourinho Lebih Cepat Dipecat MU