Sukses

Pecat Mourinho, Manchester United Harus Bayar Rp 440 Miliar?

Liputan6.com, Manchester - Kekalahan Manchester United terhadap Liverpool berbuntut pada pemecatan pelatih Jose Mourinho asal Portugal. Masalahnya, MU justru harus membayar hingga 24 juta pound sterling atau setara Rp 440 miliar (1 pound sterling = Rp 18.340) karena memecat sang pelatih.

Dilansir dari Daily Record, paket pemecatan Mourinho terdiri atas 18 juta pound sterling (Rp 330 miliar) dan tambahan ekstra 25 persen. Delapan belas juta adalah angka gaji tahunan Mourinho dan 25 persennya adalah nilai karena MU berhasil masuk kualifikasi Premier League.

"Manchester United mengumumkan manajer Jose Mourinho telah meninggalkan klub. Klub ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose untuk karyanya selama di Manchester United. Kami berharap dia sukses di masa depan. Seorang manajer sementara baru akan ditunjuk sampai akhir musim saat ini, sementara klub melakukan proses rekrutmen menyeluruh untuk manajer baru, penuh waktu," demikikan bunyi pernyataan resmi klub.

Berdasarkan laporan sebelumnya, tim asuhan Mourinho saat ini sudah tertinggal 19 poin dari pemuncak klasemen Liga Inggris Liverpool. MU musim ini sudah menelan lima kali kekalahan di Liga Inggris.

Akhir pekan kemarin, Setan Merah tampil buruk sehingga kalah 1-3 dari Liverpool yang membuat jarak semakin melebar.

Kekalahan itu membuat MU kini mengoleksi 26 poin dari 17 pertandingan. Mereka kini terpaku di peringkat enam dan tertinggal 19 poin dari Liverpool yang nangkring di puncak klasemen.

Dengan raihan 26 poin itu, MU di bawah asuhan Mourinho menyamai catatan start terburuknya di liga pada musim 1990-91 silam. Saat itu MU masih dilatih oleh Sir Alex Ferguson.

 

2 dari 2 halaman

Siapkan 2 Pelatih Baru

Seperti dilansir Daily Mail, untuk sementara asisten pelatih Michael Carrick akan menjadi pilihan sebagai manajer sementara MU. Sedangkan, nama-nama pelatih ternama seperti Zinedine Zidane dan Mauricio Pochettino, dikabarkan menjadi kandidat utama untuk menggantikannya. 

Nama Zidane memang santer digadang-gadang sebagai pengganti Mourinho. Pria asal Prancis itu saat ini sedang menganggur usai meninggalkan Real Madrid akhir musim lalu.

MU tertarik dengan tangan dingin Zidane selama memoles Real Madrid. Eks pemain Juventus itu sukses mempersembahkan tiga gelar juara Liga Champions beruntun kepada Los Blancos.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Liverpool, Ini Laga Penentu Nasib Solskjaer di MU