Sukses

Dua Bus Damri Bakal Layani Rute Bandara Kertajati-Bandung

Berbagai upaya untuk meramaikan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat terus dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai upaya untuk meramaikan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat terus dilakukan. Salah satunya dengan mengaktifkan rute Damri pulang pergi Majalengka - Bandung. 

"Jadi Kertajati ini sudah mulai menyiagakan dua tambahan bis kerja sama dengan Damri, dan itu kita pakai untuk membantu beberapa penerbangan  yang ditambah di sana," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, M. Awaluddin, di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (15/12/2018). 

Bus Damri tersebut disiagakan untuk wara wiri mengantarkan penumpang yang akan mengakses Kertajati ataupun sebaliknya, menuju Bandung. Bus itu akan berangkat kurang lebih jam 5 subuh dan jam 7 pagi. 

Sebab, untuk saat ini beberapa maskapai sudah mengoperasionalkan pesawatnya di sana. Seperti Citilink, Garuda dan Lion Air yang sudah melakukan penjualan tiket dari dan menuju ke Bandara Kertajati. 

Apalagi per 15 Desember, Lion Air juga buka rute baru dari Bandara Kertajati. "Di sana itu sudah ada rute favorit, rute Jogja, Kualanamu, Makasar, Denpasar dan Balikpapan," ujar Awaluddin. 

Terlebih menjelang liburan Natal dan Tahun Baru ini, rute tambahan pun sudah dibuka untuk menuju kota-kota besar lainnya. Sehingga, calon penumpang punya alternatif keberangkatan bila mana di bandara tujuan awal habis atau penuh. 

"Jadi banyak pilihan, bisa di Bandara Soetta, Halim, Bandung dan Kertajati," tutur Awaluddin. (Pramita Tristiawati) 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Rute Penerbangan ke Sumatera dan Kalimantan

Sebelumnya, pertengahan Desember ini, rencananya 2 rute baru akan mulai beroperasi dari Bandara Kertajati ke Sumatera dan Kalimantan. Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti menjelaskan bahwa saat ini telah ada 3 Maskapai Penerbangan yang beroperasi di Kertajati yaitu Citilink, Lion Air dan Transnusa.

Ada 4 rute domestik yang dilayani di sini yaitu rute Kertajati – Surabaya PP, Kertajati – Bandar Lampung, Kertajati – Semarang PP dan Kertajati – Medan PP. Sedangkan untuk rute internasional Lion Air menerbangi rute Kertajati – Madinah dan Jeddah - Kertajati untuk penerbangan umrah.

“Akan ada 2 rute baru yang diterbangi oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia yaitu Garuda Indonesia ke Sumatera dan Kalimantan. Rute tersebut adalah Kertajati – Bandar Lampung PP dan Kertajati – Balikpapan PP,” jelas Polana kepada wartawan, Jumat 14 Desember 2018.

Selain dua rute baru tersebut yang dilayani oleh Garuda, rencananya Lion Air juga akan menerbangi rute baru Kertajati – Denpasar PP dan Kertajati – Surabaya PP.

“Kami akan berupaya membantu bandara ini agar minat masyarakat untuk terbang melalui bandara ini terus meningkat dengan rute-rute baru yang diprediksi akan diminati masyarakat pengguna jasa penerbangan dari sekitar Majalengka dan Jawa Barat pada umumnya," ujar Polana.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa keberadaan Bandara Kertajati Majalengka yang telah diresmikan oleh Presiden RI pada pertengahan tahun 2018 yang lalu, bertujuan untuk mengurangi beban Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Menhub sangat mengapresiasi usaha dari Bandara Kertajati untuk terus mempromosikan bandaranya melalui saluran-saluran komunikasi salah satunya dengan temu netizen dari berbagai komunitas. Ia berharap agar para stakeholder dan maskapai juga gencar melakukan promosi. Salah satunya adalah dengan menggaet para milenial yang aktif lewat jejaring sosial.

"Saya berharap netizen turut membantu mempromosikan Bandara Kertajati, agar masyarakat semakin tertarik untuk melakukan penerbangan di Kertajati, Bandara ini sudah siap menyambut dan melayani penerbangan bagi seluruh masyarakat," ujar Budi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.