Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

4 Ruas Tol Baru Ini Bisa Dipakai Sebelum Natal 2018

Liputan6.com, Jakarta - Jelang memasuki masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018/2019, sebanyak 4 ruas tol baru yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa bagian utara dan selatan akan dibuka sebelum perayaan Natal 2018.

"Bulan ini akan kita resmikan Tol Trans Jawa bagian utara, dan akan kita rencanakan juga Trans Jawa bagian selatan," ucap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Menteri Basuki menyebutkan, terdapat 4 ruas tol di Trans Jawa yang dalam waktu dekat akan segera dibuka. Keempat ruas tersebut antara lain Pemalang-Batang sepanjang 39,2 km, Batang-Semarang sepanjang 75 km, Salatiga-Solo sepanjang 32 km, dan Wilangan-Kertosono sepanjang 38,7 km.

Menurut catatan yang dia dapatkan, tiga ruas tol yakni Pemalang-Batang, Batang-Semarang dan Salatiga-Kartasura kini progress-nya telah mencapai 99,9 persen. Sementara ruas Tol Wilangan-Kertosono sudah sekitar 95 persen.

"4 ini yang mau diresmikan. Progres-nya sudah 99 persen dan satu 95 persen. Minggu depan akan saya cek. Sebelum Natal (2018) sudah bisa dipakai," ungkap dia.

Dia menambahkan, keempat ruas itu untuk akan dioperasikan fungsional untuk sementara waktu, sehingga masih dibebaskan secara tarif.

"Mudah-mudahan paling singkat sampai Tahun Baru," ujar Menteri Basuki.

2 dari 2 halaman

Jokowi Ingin Tol Trans Jawa Terintegrasi Kawasan Industri dan Pariwisata

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta seluruh kepala daerah khususnya di Jawa untuk dapat memanfaatkan Tol Trans Jawa yang akan segera rampung di akhir 2018. Ia ingin tol Trans Jawa dapat diintegrasikan dengan kawasan industri dan pariwisata.

"Dengan selesainya Jakarta-Surabaya ini, saya ingin agar seluruh kepala daerah bisa mengintegrasikan dengan kawasan-kawasan industri yang ada baik yang baru maupun yang lama," kata Jokowi saat meresmikan ruas Tol Ngawi-Sragen di rest area kilometer 538 jalan tol Solo-Ngawi, Jawa Tengah, Rabu (28/11/2018).

 

"Mengintegrasikan tol ini dengan kawasan-kawasan wisata agar semakin ramai," sambung dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap tol Trans Jawa dapat membantu mobilitas masyarakat dan memaksimalkan pengiriman barang.

"Jangan sampai tol ini hanya berdiri sendiri sebagai jalan tol, semuanya harus diintegrasikan sehingga manfaatnya betul-betul maksimal," ucap Jokowi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tol Listrik Bakal Dorong Pertumbuhan Investasi di Sulawesi
Artikel Selanjutnya
Jasa Marga dan China Konstruksi Siap Biayai Ruas Akhir Tol Trans Jawa