Sukses

Sebelum Terlambat dan Menyesal, Jangan Abaikan Asuransi Perjalanan!

Berikut pentingnya memiliki asuransi perjalanan dan jangan pernah mengabaikannya, sebelum terlambat serta menyesal pada akhirnya.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang mengabaikan pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Padahal, asuransi perjalanan memberi beragam kemudahan bagi Anda yang ingin travelling, terlebih lagi bila perjalanan ke luar negeri.

Dan yang perlu diingat, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Soal asuransi perjalanan ini, besar premi yang dibayar tergantung dari sistem pembayaran yang dipilih, mau yang cashless atau reimburse. Lalu, seberapa pentingkah asuransi perjalanan ini untuk dimiliki?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut pentingnya memiliki asuransi perjalanan dan jangan pernah mengabaikannya, sebelum terlambat serta menyesal pada akhirnya.

1. Bantuan Biaya Medis

Jika jatuh sakit di negara tujuan, asuransi akan menutup seluruh biaya medis. Dengan syarat jumlah yang dibayar tidak melebihi plafon manfaat yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi.

Selain jatuh sakit, asuransi perjalanan juga menjamin biaya medis atas kematian, kehilangan anggota tubuh, dan kelumpuhan yang disebabkan karena kecelakaan di negara tujuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Santunan Pemulangan Jenazah

Tak ada seorang pun ingin mengalami musibah. Namun, tak ada yang bisa menolaknya jika takdir bicara demikian. Apabila selama perjalanan mengalami kecelakaan dan nyawa tak tertolong, pihak asuransi akan memberikan santunan pemulangan jenazah ke negara asal.

Jumlah santunan yang ditanggung meliputi biaya tiket pesawat dan biaya pemakaman. Jika keluarga jenazah ingin tubuh polis dimakamkan di negara tujuan, asuransi juga akan mengabulkan permintaan ini. Perusahaan asuransi perjalanan juga akan mencarikan tempat pemakaman setempat yang sesuai dengan kriteria pada umumnya. (Baca Juga: Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya)

3. Jaminan Lain Terkait Perjalanan

Asuransi perjalanan memberikan jaminan terkait perjalanan yang dilakukan. Apabila jam keberangkatan tertunda melebihi 12 jam dari jam seharusnya, asuransi akan memberi biaya ganti rugi atas keterlambatan tersebut.

Ganti rugi juga diberikan apabila maskapai penerbangan terpaksa membatalkan perjalanan akibat hal-hal yang terjadi di luar kuasa pemegang polis, apakah itu penundaan jam maupun pembatalan keberangkatan memiliki jumlah jaminan yang berbeda-beda.

Intinya, ganti rugi yang dibayar asuransi sudah meliputi biaya akomodasi, makanan, minuman, dan biaya tunggu keberangkatan. Masih ragu membeli asuransi perjalanan?

3 dari 4 halaman

4. Ganti Rugi Hilang Bagasi dan Surat Berharga

Kasus bagasi hilang acap kali terjadi untuk penerbangan dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Dalam hal ini, asuransi akan memberi biaya ganti rugi atas bagasi yang hilang dengan syarat apabila bagasi tidak ditemukan dalam kurun waktu 2 x 24 jam setibanya di negara tujuan.

Total biaya ganti rugi yang diterima tergantung dari nilai barang yang ada di dalam koper secara keseluruhan. Apabila koper yang hilang berisi surat-surat berharga seperti identitas, paspor, dan VISA, maka biaya ganti rugi akan semakin besar. Sebab, polis perlu mengurus kembali surat-surat berharga tersebut agar bisa melanjutkan perjalanan di negara tujuan.

5. Aksi Kriminalitas di Negara Tujuan

Kerugian yang disebabkan karena adanya tindak kriminalitas di negara lain menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi. Misalnya kasus perampokan, pengeboman, atau hipnotis. Besar ganti rugi yang diterima polis sesuai dengan nilai barang yang dicuri. (Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kartu Kredit Saat Travelling Agar Tidak Menjadi Korban Penjambret)

4 dari 4 halaman

6. Perlindungan Rumah yang Ditinggalkan

Manfaat ini diberikan apabila rumah yang ditinggalkan selama perjalanan mengalami kebakaran akibat korslet listrik dan sebagainya. Biaya ganti rugi yang diberikan tergantung dari banyak tidaknya aset yang terbakar.

Meskipun ganti rugi atas kebakaran rumah jarang terjadi, setidaknya Anda perlu melindungi rumah dan aset yang ada di dalam rumah secara menyeluruh. Apabila terjadi kebakaran, Anda telah memiliki santunan untuk membangun kembali rumah yang hangus terbakar.

7. Santunan untuk Keluarga

Dan keuntungan yang terakhir adalah santunan untuk keluarga yang diberikan untuk anggota keluarga yang bersedia menemani polis selama menjalani proses penyembuhan di rumah sakit.

Santunan ini meliputi biaya transportasi dan akomodasi selama polis dirawat. Meskipun jumlahnya tidak sebesar asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, setidaknya keluarga polis diperkenankan menjenguk polis ke luar negeri tanpa harus mengeluarkan uang sendiri.

Cermat Memilih Asuransi Perjalanan

Apa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi satu dengan lainnya memang berbeda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan keuntungan yang diperoleh secara detail sebelum membeli asuransi perjalanan. Hitung pula premi yang harus Anda bayarkan. Alangkah baiknya jika pemilihan premi sesuai dengan kondisi finansial dan kebutuhan Anda selama melakukan perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.