Sukses

Harga Cabai Anjlok Jadi Rp 20 Ribu per Kg

Pada Lebaran atau pada Juni hingga Juli kemarin, harga cabai sempat melonjak hingga sentuh angka Rp 50 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang dan cabai terpantau turun pada awal pekan ini di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Khusus untuk cabai, penurunannya sangat besar.

Salah satu pedagangan bahan pangan di Pasar Kebayoran Lama, Mbah Jumi (85), mengatakan, ia kini menjual cabai jenis rawit dan cabai keriting di harga Rp 20 ribu per kilogram (kg).

Seperti diketahui, pada Lebaran atau pada medio Juni hingga Juli kemarin, harga cabai sempat melonjak tinggi hingga menyentuh angka Rp 50 ribu per kg.

"Sama sekarang dijualnya, dari sananya udah turun. Cabai keriting merah besar, cabai rawit merah Rp 20 ribu per kg. Paling mentok Rp 25 ribu," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (03/9/2018).

Sedangkan untuk komoditas bawang, Mbah Jumi menjual keduanya di kisaran Rp 22 ribu - Rp 28 ribu per kg. Untuk harga bawang merah, ia jual di harga Rp 22 ribu per kg. Sedangkan bawang putih, ia banderol sebesar Rp 28 ribu per kg.

Sementara itu, untuk komoditas sayuran lainnya, Mbah Jumi menjual di harga yang beragam. Namun, kata dia, harga-harga tersebut masih cukup stabil untuk harga sayuran tersebut.

"Kentang Rp 12 ribu per kg, tomat Rp 8 ribu per kg, kalau wortel Rp 10 ribu per kg," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Stabil

Senada, penjual lain di Pasar kebayoran Lama, Sri (33), menjelaskan, harga sayuran memang turun di Pasar Kebayoran Lama. Namun, ia masih menjual harga cabai di rentang harga yang normal, yakni Rp 30 ribu per kg.

"Cabai dan bawang Rp 30 ribu per kg, sama untuk semua jenis. Enggak ngerti juga kenapa pada turun," ujar Sri.

Berbeda sebesar Rp 4 ribu, Sri menjual tomat miliknya di harga Rp 12 ribu per kg. "Kalau timun masih normal, saya jualnya Rp 8 ribu per kg," kata dia.

Rincian harga komoditas pangan berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Harga komoditas cabai

Untuk harga cabai, di Pasar Kebayoran lama dibanderol mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per kg

Harga komoditas bawang

Sedangkan untuk harga komoditas bawang, baik bawang merah dan bawang putih kompak dijual sebesar Rp 30 ribu per kg.

Harga sayuran lain

Tomat dan Timun Rp 8 ribu per kg, wortel Rp 10 ribu per kg serta kentang 12 ribu per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.