Sukses

Menhub Lepas 600 Peserta Mudik Gratis via Pelabuhan Tanjung Priok

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas 600 pemudik yang akan kembali ke rumah mereka masing-masing, dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/6/2018). 

Para pemudik ini adalah mereka yang memanfaatkan program mudik gratis yang dicanangkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggunakan kapal laut dengan tujuan Jawa Tengah.

"Saya bersyukur ada gelombang ketiga mudik gratis menggunakan kapal dari Jawa tengah sudah kembali dengan selamat dengan okupansi yang baik. Artinya program kita yang tahun lalu belum maksimal, tahun ini bisa maksimal," kata Budi Karya. 

Ia mengaku dari hasil perbincangan singkat dengan para pemudik, program mudik gratis ini sangat membantu masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman ketika Lebaran.

"Saya bicara dengan beberapa saudara kita, bagaimana enak enggak. Enak katanya (mudik gratis)," ujar mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu. 

Budi Karya pun berharap, masyarakat yang sudah menikmati manfaat program mudik gratis turut aktif mengajak masyarakat untuk kembali mengikuti mudik gratis dengan kapal laut di Lebaran mendatang.

"Saya tanya, mau enggak tahun depan (ikut mudik gratis lagi), mau dia. Ajak saudara yang lain, dia akan ajak," tandasnya.

 

Reporter : Wilfridus Setu Embu

Sumber : Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Kuota Mudik Gratis 2019 Bakal Ditambah hingga 3 Kali Lipat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dalam rangka menjemput kapal mudik gratis Lebaran. Pada tahun ini, dari 30 ribu kuota mudik gratis yang disiapkan, okupansi atau tingkat keterisian mencapai 90 persen.

"Kami ke Pelabuhan Tanjung Emas dalam rangka menjemput kapal mudik Lebaran, dari Jakarta menuju Semarang. Alhamdulillah hari ini banyak sekali kapal yang datang dan Kemenhub bisa menyediakan kurang lebih 30 ribu kuota mudik gratis. Okupansinya di atas 90 persen," ujar Budi Karya di Semarang, pada 13 Juni 2018. 

Dia juga berkesempatan berinteraksi dengan para pemudik pada saat kunjungan. Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu, mengatakan masyarakat sangat antusias apabila tahun depan program mudik gratis diselenggarakan kembali. Bahkan akan membuat kelompok-kelompok untuk mengikuti program mudik gratis dengan kapal laut.

Dilihat dari antusias masyarakat yang mengikuti mudik gratis cukup banyak tahun ini, Budi Karya berniat meningkatkan jumlah kuota mudik gratis pada tahun depan hingga tiga kali lipat.

"Tahun depan Kemenhub ingin menambah kapasitas mudik gratis. Kalau kapasitas darat itu kita pastikan akan kita tambah tiga kali lipat. Untuk laut, kita berniat menambah tiga kali lipat tergantung dengan jumlah kapal yang ada," pungkasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Semangat Risma Gerilya Kenalkan Program Gus Ipul-Puti di Bumi Majapahit
Artikel Selanjutnya
Volume Sampah Jakarta Turun Drastis Selama Lebaran 2018