Sukses

H+3 Lebaran, Harga Daging hingga Telur Stabil, Ayam Naik

Liputan6.com, Jakarta Hari ketiga setelah Lebaran harga jual daging sapi di Pasar Baru Bekasi masih terbilang stabil. Dari pantauan, rata-rata pedagang menjual daging sapi di kisaran Rp 120 ribu per kilogram (kg). Harga tersebut masih berada di harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Salah satu pedagang Harun mengungkapkan, harga jual daging sapi untuk saat ini sudah kembali di harga Rp 120 ribu per kg. Sebelumnya, pada saat H-2 Lebaran dan hari H Lebaran harga daging sempat tembus mencapai Rp 140 ribu per kg.

"(Sekarang?) Rp 120 ribu kurang lebih. (Sebelum Lebaran?) Anak-anak di sini jual Rp 130 ribu per kg, Lebaran bahkan tembus Rp 140 ribu per kg," ujar dia kepada Merdeka.com, saat ditemui di Bekasi, Senin (18/6/2018).

Pedagang lain, Iwan mengungkap hal senada. Dia mengatakan, harga tertinggi pada daging justru pada saat H-2 Lebaran sampai dengan Lebaran. Meski sempat mengalami peningkatkan, pada saat Lebaran namun dirinya sejak H+1 Lebaran sudah menjual diangka Rp 120 ribu per kg.

"Mulai H+1 Lebaran sudah turun Rp 120 ribu per kg (sekarang). Harga tertinggi kemarin sampai Rp 130 ribu sampai Rp 140 ribu H-2 sampai Lebaran. Makin ke sana makin turun (Setelah Lebaran)," ungkapnya.

Iwan mengatakan, penurunan pada harga jual daging sapi akan terus terjadi pada H+5 dan H+7 Lebaran. Bahkan, kata dia harga per kg bisa berada di bawah HET.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Harga Ayam

Berbeda dengan daging sapi, kenaikan justru terjadi pada daging ayam. Harga daging ayam justru bertengger di kisaran Rp 52 ribu per potong. Sementara untuk hitungan per kilogram mencapai Rp 33 ribu.

"Mahalan sekarang (dibandingkan sebelum Lebaran). Sekarang malah gak ada yang kerja kan masih pada libur. Jadi mahal barangnya. Sebelum Lebaran, per potong masih Rp 40 ribu, per kg Rp 28 ribu," kata Emi salah satu pedagang ayam.

Sementara itu, untuk harga komoditas lainnya yang terpantau normal terjadi pada telur. Harga telur ayam sebelum bahkan sesudah lebaran berada di kisaran Rp 23 ribu per kg.

"Telur Rp 23 ribu per kg. Sama sebelum Lebaran juga segitu stabil enggak ada penurunan enggak ada kenaikan. Awal awal puasa baru mencapai Rp 26 ribu," ungkal Ely salah satu pedagang telur.

Artikel Selanjutnya
Macet Parah, Cilegon - Tanjung Lesung Butuh Waktu 8 Jam
Artikel Selanjutnya
Lebaran Usai, Tumpukan Sampah Menyempitkan Jalur Mudik Garut