Sukses

6 Tips Belanja Online Hemat Saat Ramadan

Takut akan produk yang palsu atau penipuan menjadi salah satu alasan mengapa masih ada beberapa orang masih enggan untuk berbelanja online.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya Ramadan, beberapa platform belanja online (e-commerce) dan marketplace sudah banyak yang menawarkan berbagai program promo menarik untuk konsumen.

Dari beragam promo yang ditawarkan, tentunya para konsumen harus bijak dan cermat untuk mendapatkan harga terbaik serta mendapatkan manfaat dari program promo tersebut.

Dikutip dari ShopBack Indonesia, Sabtu (19/5/2018), berikut ini tips belanja online selama Ramadan. Shopback merupakan platfrom gaya hidup yang mendukung masyarakat untuk dapat berbelanja online dengan cermat dan hemat.

1. Pilih Toko yang Sudah Terautorisasi

Takut akan produk yang palsu atau penipuan menjadi salah satu alasan mengapa masih ada beberapa orang masih enggan untuk berbelanja online.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu lebih teliti memilih toko-toko yang ada di platfrom marketplace, seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee.

Biasanya platform marketplace memberikan tanda atau simbol toko mana yang sudah terautorisasi dan mana yang belum. Toko online yang telah mendapatkan tanda autorisasi ini sudah terjamin keaslian dan pelayanannya.

2. Selalu Lihat Rating dan Kolom Ulasan Produk

Jika Anda masih tetap ragu akan keaslian produk walaupun sudah mengunjungi toko yang sudah terautorisasi. Sempatkan waktu untuk melihat rating serta membaca setiap review atau ulasan produk dari pelanggan sebelumnya.

Dari ulasan tersebut Anda bisa memperkirakan kualitas dari barang tersebut saat belanja online.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Aktifkan Push Notification Aplikasi Belanja Online

Bagi Anda  yang tidak suka menerima newsletter, karena akan membuat kotak masuk surel kamu penuh, tidak ada salahnya aktifkan push notification aplikasi belanja online yang dimiliki.

Push Notification dapat berfungsi sebagai pengingat, jadi Anda tidak ketinggalan jika ada promo flashsale selama bulan Ramadan dari platform e-commerce favorit.

4. Cermati Promo dengan Bijak

Tidak dipungkri promo dan diskon selalu menjadi pemikat konsumen untuk beberlanja di platform e-commerce. Berdasarkan data terbaru dari Accenture, hampir tiga per empat digital buyers di Indonesia mengaku harga produk yang murah serta diskon besar memicu perilaku impulsif dalam berbelanja online.

Selama Ramadan ini, banyak platform belanja online yang memberikan beragam program diskon, bahkan ada yang sampai memberikan potongan harga hingga 90 persen. Namun, tentunya konsumen jangan terbuai dengan promo yang diberikan.

Konsumen harus cermat dan teliti memilih platform mana yang mampu memberikan harga terbaik. Bandingkan setiap harga akhir setelah potongan diskon di setiap platform belanja online tersebut. Anda akan lebih untung jika belanja di platform yang menawarkan cashback. 

Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia mengatakan, Shopback berkomitmen untuk senantiasa membantu masyarakat untuk dapat belanja online dengan bijak dan cermat.

"Kami juga membuat masyarakat berhemat dan sekaligus menabung saat belanja online,” jelas dia.  

 

 

 

3 dari 3 halaman

5. Manfaatkan Jam Sahur

Berdasarkan studi terbaru Shopback, masyarakat Indonesia lebih banyak mengunjungi platform e-commerce pada pukul 16.00 -17.00 WIB, jam-jam dimana masyarakat menunggu waktu berbuka puasa.

Waktu ini turut dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk menggaet lebih banyak lagi konsumen. Salah satunya dengan memberikan promo menarik atau kuis spesial Ramadan yang memberikan voucher belanja hingga ratusan ribu.

Begitu pun halnya dengan waktu sahur, ada beberapa e-commerce yang menawarkan promo khusus saat sahur. 

6. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Saat ini platrom e-commerce memberikan beragam pilihan metode pembayaran untuk mempermudah konsumen untuk melakukan transaksi. Platform e-commerce bahkan bekerja sama dengan berbagai bank besar di Indonesia untuk memberikan potongan harga serta program cicilan dengan bunga rendah.

Bahkan ada platform e-commerce yang menyediakan program cicilan tanpa harus memiliki kartu kredit dari bank rekanan. Kuncinya, perhatikan platform belanja online yang memberikan diskon seuai dengan kartu yag dimiliki. Jika masih ragu akan keamanan kartu bank, Anda bisa memilih metode pembayaran di tempat atau Cash on Delivery (COD).

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.