Sukses

Masuk Ramadan, Bisnis Jasa Ekspedisi Kebanjiran Order

Salah satu pemicu lonjakan permintaan ini karena tren belanja online yang terus meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Masuknya bulan suci Ramadan membawa berkah bagi bisnis jasa pengiriman barang atau ekspedisi. Pasalnya, di bulan puasa ini biasanya terjadi lonjakan permintaan pengiriman barang hingga 40 persen dibandingkan bulan normal.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo), Mohamad Feriadi mengatakan, peningkatan permintaan ini sudah mulai terasa sejak awal Ramadan seperti sekarang. Puncaknya bisa sampai H-5 Idul Fitri.

"Biasanya terjadi peningkatan, peak-nya terjadi biasanya sampai H-5 itu ramai. (Peningkatan) Bisa 30 persen-40 persen. Cukup signifikan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Salah satu pemicu lonjakan pengiriman barang ini karena tren belanja online yang terus meningkat. Sehingga pembelian hadiah Lebaran pun mulai dipesan masyarakat melalui online.

"Salah satu pemicunya yang saya duga karena online ini tumbuh. Mungkin orang banyak mengirimkan gift melalui belanja online, sebagai hadiah," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Barang

Sementara untuk jenis barang yang dikirim, Feriadi menyatakan, sebenarnya tidak ‎jauh berbeda jika dibandingkan bulan-bulan normal. Hanya saja, volume permintaannya yang meningkat.

‎"Kebanyakan hampir sama, cuma secara kuantitas biasanya terjadi penambahan. Frekuensi orang ngirim juga mungkin semakin banyak. Yang dikirimkan kebanyakan produk fesyen, makanan, atau aksesoris. Dan itu semakin meningkat karena memang e-commercenya tumbuh. Jadi orang semakin banyak belanja," ungkap dia.

Namun setelah H-5 Lebaran, lanjut dia, biasanya permintaan jasa ekspedisi ini mulai mengalami penurunan. Hal tersebut lantaran sebagian besar masyarakat sudah memasuki masa libur lebaran. Kemudian diperkirakan permintaan akan kembali normal pada H+3 Lebaran.

"Kemudian mendekati Lebaran mulai menurun dan mulai lagi pada H+3 atau H+4," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.