Sukses

4 Alasan Anda Perlu Memiliki Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit tercatat sebagai salah satu alat transaksi non tunai paling favorit di seluruh dunia. Sejak kehadirannya di tahun 1950-an silam, kartu kredit menjelma menjadi alat transaksi yang powerful. Begitupun di Indonesia. Pada tahun 1980-an, kartu kredit bahkan menjadi salah satu simbol status atau prestise.

Pasalnya, ketika awal-awal muncul di Indonesia, bank penyedia kartu kredit menyeleksi pemegang kartu kredit berdasarkan pendapatan mereka. Ini untuk mengukur kemampuan si pemegang kartu kredit untuk membayar tagihan kelak. Maklumlah, ketika itu belum ada Sistem Informasi Debitur (SID) atau “BI checking” yang bisa memudahkan bank mengecek eligibilitas calon pemegang kartu kredit.

Namun, sejak kelahiran SID Bank Indonesia pasca terjadinya krisis moneter beberapa waktu lalu, penyedia kartu kredit di Indonesia menjadi lebih leluasa menjual kartu kredit. Di saat yang sama, masyarakat juga semakin mudah mendapatkan kartu kredit dengan syarat batas minimal penghasilan yang tidak tinggi.

Saat ini, cukup dengan pendapatan minimal Rp 3 juta, seseorang bisa mengajukan diri menjadi pemegang kartu kredit. Kartu kredit pada akhirnya bukan lagi sebagai alat transaksi eksklusif yang hanya bisa dimiliki oleh sedikit orang.

Secara umum, ada lima alasan orang memiliki kartu kredit, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id, yaitu:

 

1 dari 5 halaman

1. Lebih praktis

Alasan pertama sudah pasti karena menggunakan kartu kredit jauh lebih praktis dibanding dengan menggunakan uang tunai ketika akan melakukan transaksi keuangan.

Anda tak perlu repot-repot membawa uang tunai dalam jumlah tertentu ketika akan bepergian. Cukup bertransaksi dengan kartu kredit, terutama untuk transaksi dengan nilai cukup besar seperti membayar tiket pesawat atau kamar hotel. Kartu kredit membuat kebutuhan keuangan Anda lebih praktis.

2 dari 5 halaman

2. Ingin menghemat pengeluaran

Memangnya bisa berhemat dengan menggunakan kartu kredit? Tentu saja bisa. Jika digunakan dengan bijak, Anda bisa lebih mengontrol pengeluaranmu karena kartu kredit memiliki batasan limit.

Ditambah lagi, saat ini transaksi keuangan banyak yang menawarkan promo dan diskon jika Anda menggunakan kartu kredit saat bertransaksi. Misalkan saja ketika Anda akan berbelanja di merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit tertentu. Biasanya diskon yang diberikan bisa mencapai hingga 20 persen.

Baca Juga: Promo dan Event Terbaru Kartu Kredit untuk Peringatan Hari Kartini

3 dari 5 halaman

3. Bisa mencicil

Tidak semua orang bisa membeli sebuah barang dengan cara membayar lunas. Jika dana yang dimiliki digunakan untuk membayar lunas barang yang akan dibeli, maka kebutuhan bulanan tak akan tercukupi.

Padahal, Anda sangat butuh barang tersebut untuk keperluan penting. Misalkan saja laptop atau ponsel milikmu mengalami kerusakan total dan mau tak mau harus diganti dengan yang baru. Di sinilah peran kartu kredit yang bisa Anda gunakan untuk membeli barang tersebut dengan cara mencicil karena dengan mencicil pembayaran, orang bisa memiliki barang atau kebutuhan tertentu. Fitur ini terbilang paling menarik konsumen sehingga menggunakan kartu kredit.

4 dari 5 halaman

4. Mendapatkan point

Kartu kredit menawarkan banyak point yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah. Sebut saja point rewards, point airmiles, cashback, voucher, airport lounge, keanggotaan khusus di klub eksklusif tertentu, dan masih banyak lagi yang bisa Anda nikmati.

Anda bertransaksi dengan kartu kredit dan mendapatkan point. Jika terkumpul dalam jumlah tertentu, Anda bisa menukarkannya menjadi tiket pesawat atau kamar hotel. Point reward ini terdengar sangat menarik dan membuat banyak nasabah tergoda memiliki kartu kredit.

Bagaimana dengan Anda?

Artikel Selanjutnya
7 Hal yang Tidak Pernah Diucapkan Orang Kaya, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
10 Asumsi Salah tentang Kartu Kredit yang Harus Anda Pelajari