Sukses

Tak Disadari, 8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Ganggu Kinerja di Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Disadari atau tidak, setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk yang sering ia lakukan. Hal ini karena perilaku tersebut sudah terbentuk dalam aktivitas kita sehari-hari. Lantas, kebiasaan apa saja yang terbilang buruk terutama untuk dilakukan saat bekerja?

Berikut yang dilansir dari Inc, Selasa (17/4/2018), inilah kebiasaan-kebiasaan tersebut:

1. Terus Duduk Sepanjang Hari

Meskipun pekerjaan sedang menumpuk-numpuknya, bukan berarti lantas kamu mengorbankan diri sendiri untuk duduk sepanjang hari pada kursi kerjamu. Selain membuat badanmu kaku, hal ini jelas berdampak buruk bagi kesehatanmu.

Laporan terbaru menyebutkan berdiri dan jalan-jalan sebentar dari pekerjaanmu akan sangat berpengaruh pada kesehatanmu. Selain itu, hal ini akan membantu Anda untuk kembali segar mengerjakan aktivitas Anda.

2. Menatap Layar Berjam-jam

Laporan dari Erin Brodwin menyebutkan, menatap layar komputer seharian buruk bagi kesehatan mata Anda, terutama karena bisa membuat mata Anda menjadi kering dan kabur untuk melihat sesuatu.

 

2 dari 4 halaman

3. Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Mungkin Anda berasumsi bahwa mendengarkan musik saat bekerja akan membantu Anda untuk berkonsentrasi, padahal faktanya tidak demikian.

Seorang neuroscientist, Daniel Levitin menilai justru aktivitas ini akan mengganggu Anda untuk bekerja secara maksimal. Ia menyarankan Anda mendengarkan musik pada 10 hingga 15 menit pertama sebelum memulai pekerjaan Anda.

4. Begadang

Begadang tak selalu memiliki alasan yang jelas. Kadang Anda hanya ingin bersantai dan menghabiskan waktu untuk membaca buku sebentar pada dini hari.

Namun begitu, jam tidur yang berkurang akan sangat berdampak pada performa Anda di kantor. Bijaklah dalam menggunakan waktu tidur disaat Anda sudah memasuki fase berkarier.

 

3 dari 4 halaman

kebiasaan selanjutnya

Jangan pernah meremehkan apa yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. Pasalnya, apa yang Anda konsumsi akan berpengaruh besar pada performa Anda di kantor pada hari tersebut.

Tetaplah jeli dan fokus pada apa yang akan Anda makan. Beri tubuh untuk mencerna makanan yang baik untuk dikonsumsi.

6. Mengerjakan Hal Mudah Baru Hal Sulit

Sering saat bekerja bahwa kita mendahulukan pekerjaan yang mudah dulu baru beranjak pada pekerjaan yang sulit. Beberapa peneliti bahkan menyebutkan semangat seseorang akan menurun seiring berjalanya hari, oleh karena itu ia menyarankan untuk mengerjakan hal sulit terlebih dahulu untuk dikerjakan.

 

4 dari 4 halaman

7. Menaruh Ponsel Dekat Meja Anda

Meletakkan ponsel di meja kantor Anda memang tampak menyenangkan. Beberapa bahkan memandang hal tersebut untuk senantiasa terjaga pada perubahan informasi di kantor yang mungkin akan datang tiba-tiba.

Namun, tetaplah bijak dalam mengatur kapan Anda sebaiknya mengecek ponsel tersebut dan kapan seharusnya Anda fokus pada pekerjaan Anda.

8. Konsisten Mengecek Email

Usahakan untuk fokus saat Anda mengerjakan pekerjaan Anda di kantor. Bukalah akun atau platform-platform tertentu yang memang baik untuk Anda buka pada jam tersebut.

Mengerjakan sesuatu secara bersamaan hanya akan membuang waktu Anda dan terbengkalainya tujuan Anda dari pekerjaan yang ada.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video