Sukses

Sosok Probosutedjo di Mata Pengusaha Pribumi

Probosutedjo merupakan tokoh penggerak bagi anak-anak muda Indonesia untuk menjadi pengusaha.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha nasional Probosutedjo meninggal dunia pagi ini. Adik dari Presiden Ke-2 Indonesia, Soeharto, ini juga dikenal sebagai pelopor pengusaha pribumi dan salah satu pendiri dari Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi).

Ketua DPD Hippi DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, Probosutedjo merupakan sosok yang berjasa bagi para pengusaha pribumi. Sebab, dia merupakan tokoh penggerak bagi anak-anak muda Indonesia untuk menjadi pengusaha.

"Beliau ini sosok pengusaha Indonesia asli, pribumi. Penggerak agar orang Indonesia dan anak-anak muda menjadi wirausaha baru. Beliau menjadi salah satu pelopor berdirinya Hippi, karena dulu beliau melihat kesenjangan jumlah pengusaha pribumi dan nonpribumi cukup jauh," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (26/3/2018).

Sarman mengungkapkan, meski pun berasal dari keluarga penguasa di era orde baru, namun Probosutedjo dikenal dekat dengan masyarakat dan generasi muda. Probosutedjo juga memulai karier dan usahanya mulai dari bawah di mana pernah menjadi guru di wilayah Sumatera Utara.

"Kalau kita lihat, bagaimana pun beliau merupakan keluarga dari penguasa saat itu, Pak Harto (Soeharto). Tapi dalam praktiknya beliau sangat memasyarakat. Tidak ada jarak dengan masyarakat. Karir beliau juga dimulai dari nol, dulu beliau juga seoran guru yang berasal dari Siantar, Sumatera Utara di era 1960-1970an. Pernah jadi guru di sana, kemudian menjadi pengusaha dan sukses. Itu jadi kebanggaan bagi anak bangsa," jelas dia.

Oleh sebab itu, lanjut Sarman, para pengusaha khususnya pengusaha pribumi, merasa sangat kehilangan sosok panutan atas kepergiaan Probosutedjo. Namun pemikiran dan upayanya untuk mendorong pertumbuhan pengusaha nasional akan terus dikenang masyarakat.

"Jadi kita bisa dikatakan kehilangan seorang tokoh enterpreneur. Beliau banyak menumbuhkan pelaku usaha baru. Beliau melihat ini belum ada yang menggerakkan, jadi beliau yang menggerakkan, bagaimana anak-anak muda lokal ini betul tidak menjadi karyawan tetapi juga mereka menjadi pelaku usaha baru. Itu kan dimulai dengan lahirnya Himpi dan Hippi," tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Probosutedjo Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti dunia usaha di Tanah Air. Pengusaha Probosutedjo, yang juga adik dari Presiden Kedua Indonesia Soeharto wafat pada Senin (26/3/2018) ini.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan Probosutedjo meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

"Beliau (Probosutedjo) meninggal tadi pagi," kata dia saat dikonfirmasi Liputan6.com.

Namun dia mengaku belum mengetahui penyebabnya. Saat ini, jenazah disemayamkan di rumah duka, Jalan Diponegoro nomor 20-22, Jakarta.

"Jenazah rencananya dibawa ke Yogya sore ini jam 16.00," dia menambahkan.

Probosutedjo lahir di Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta pada 1 Mei 1930.

Almarhum merupakan pengusaha suskes yang dengan bendera Menara Hutan Buana. ia adalah pemilik dari Universitas Mercu Buana dan salah satu pendiri Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.