Sukses

BTN Bidik Penyaluran KPR di Pematang Siantar

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) membuka kantor cabang di Pamatang Siantar. Langkah tersebut ditempuh untuk memberikan akses masyarakat terhadap pemilikan rumah.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada akhir 2016 sebanyak 69,95 persen masyarakat di Sumatera Utara yang memiliki rumah sendiri atau sekitar 9,86 juta penduduk dari 14,1 juta orang. Sisanya atau sebanyak 4,23 juta orang belum menempati rumah sendiri.

BPS merekam, sisanya atau sebanyak 4,55 persen masyarakat Sumatera Utara masih menempati rumah dinas, 12,75 persen menyewa rumah, 12,34 persen bebas sewa, dan lainnya 0,4 persen.

Direktur Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan potensi permintaan rumah di Pematang Siantar masih tinggi. Apalagi, dengan adanya Bandara Silangit yang akan meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut.

"Selain potensi pertumbuhan ekonomi dari hadirnya Bandara Silangit, kami melihat sektor perdagangan, perkebunan, dan industri di Pematang Siantar terus bertumbuh sehingga meningkatkan angka kebutuhan rumah," kata dia dalam keterangannya, di Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

Nixon menjelaskan kantor cabang Pematang Siantar merupakan peningkatan status dari sebelumnya berupa kantor cabang pembantu.

Sementara itu, hingga November 2017, Bank BTN Kantor Cabang Pematang Siantar telah merealisasikan kredit sekitar Rp 82 miliar. Kemudian, dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun sekitar Rp260 miliar.

Hadirnya kantor cabang itu, lanjut Nixon, juga diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat layanan KPR bagi masyarakat di Pematang Siantar dan sekitarnya.

"Kami berkomitmen penuh mendukung Program Satu Juta Rumah. Perluasan jaringan kantor ini menjadi langkah Bank BTN untuk mempercepat pemberian KPR bagi masyarakat di seluruh Indonesia," sambung Nixon.

Hingga kini, Bank BTN tercatat memiliki 904 kantor layanan baik konvensional maupun syariah.

Emiten dengan kode saham BBTN ini juga memiliki 1.964 mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan terhubung dengan 10.000 jaringan ATM Link. Layanan bisnis Bank BTN juga terhubung dengan 2.954 jaringan kantor pos di seluruh Indonesia.