Sukses

Liburan Pakai Mobil Pribadi, Cek Dulu 6 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Mobil pribadi masih jadi pilihan transportasi favorit untuk liburan akhir tahun. Selain murah, perjalanan juga jadi lebih nyaman dan ekslusif. Nah, bila Anda berniat untuk liburan menggunakan mobil pribadi pada akhir tahun ini, pastikan kondisi kendaraan Anda tersebut cukup prima.

Sebab, bila kondisi mobil tidak baik, bisa-bisa momen liburan jadi berantakan. Untuk memastikan liburan akhir tahun tetap berjalan lancar, yuk cek dulu 5 hal yang dikutip dari CekAja.com berikut ini:

1. Pastikan selang radiator berfungsi dengan baik

Radiator berfungsi sebagai penjaga temperatur mesin agar tidak kepanasan. Jika terlalu panas, mesin mobil bisa mati. Nah, jika Anda berencana berpergian untuk jarak yang jauh, pastikan kondisi radiator dan selang radiatornya berfungsi dengan baik. Jika air radiator mudah kering, coba cek siapa tahu selang radiator Anda bocor.

Jika sampai Anda berpergian dalam kondisi seperti ini, bisa bisa perjalanan terganggu karena dalam setiap jam Anda harus berhenti untuk mengisi ulang air radiator.Pastikan punya ban cadangan plus dongkraknya/

2. Ban Serep

Bila Anda akan berlibur ke daerah yang terpencil, tentu akan sulit mendapatkan tukang tambal ban. Jadi, ketika ban kempes atau bocor, Anda bisa menggantinya dengan ban cadangan yang sudah terisi angin dengan baik. Pastikan juga angin pada ban tidak berlebihan.

Sebab, ban yang terlalu kencang juga rawan meletus. Selain itu, pastikan juga Anda membawa dongkrak dan kunci-kunci standar untuk mengganti ban.Servis ganti oli sebelum berangkatAgar mobil nyaman dikemudikan, sebaiknya servis terlebih dahulu sebelum berangkat.

Ganti olinya dan pasyikan rem serta kondisi kelistrikan dalam keadaan baik. Lebih baik mengeluarkan biaya sedikit dibandingkan keselamatan Anda dan keluarga saat berlibur jadi taruhannya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Perjalanan ke daerah terpencil, siapkan jerikan BBM

Jika liburan Anda kali ini akan menjelajahi daerah-daerah terpencil, bahan bakar akan jadi masalah buat Anda. Sebab, tidak mudah mendapatkannya dalam perjalanan. Agar tidak kehabisan bensin saat sedang liburan, sebaiknya antisipasi dengan membawa jerikan bensin.

Penuhi jeriken tersebut di stasiun pengisian bahan bakar paling akhir. Selain itu, pastikan juga tanggi bahan bakar Anda terisi penuh. Dijamin, pikiran Anda akan jauh lebih tenang.

4. Gunakan teknologi untuk liburan yang lebih nyaman

Di era teknologi digital seperti sekarang, ada banyak keuntungan yang bisa kita peroleh jika memanfaatkannya saat liburan. Dengan berbagai aplikasi pada smartphone, kita bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait kondisi jalanan, jalur alternatif, SPBU, tempat kuliner hingga tempat peristirahatan.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Lindungi kendaraan dengan asuransi

Sebelum meninggalkan rumah untuk berlibur menggunakan mobil pribadi, pastikan kendaraan Anda telah terlindungi oelh asuransi. Dengan begitu, bila terjadi risiko yang menimpa kendaraan, Anda tidak pusing memikirkan biayanya.

Sebab, bukan tak mungkin Anda akan bangkrut setelah liburan bila mobil mengalami kerusakan. Sudah liburan berantakan, kantong jebol pula! Oleh karenannya, daftar asuransi kendaraan terbaik sekarang juga.