Sukses

3 Cara Bangkitkan Semangat Saat Bisnis Terpuruk

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang sukses tentu pernah menghadapi kegagalan, bahkan ada yang sampai mengalaminya berkali-kali hingga akhirnya mereka berhasil mencapai tujuan yang diinginkan.

Sama halnya ketika menjadi seorang pengusaha maupun pebisnis, pastinya harus siap dengan segala kondisi yang akan terjadi. Misalnya ketika bisnis Anda sepi, atau perusahaan sedang berada dalam masa sulit, menemui masalah serius bahkan mungkin berada di ambang kebangkrutan.

Jika terjadi, perasaan sedih dan kecewa tentu tak dapat dipungkiri, hal pertama yang perlu diingat bahwa jangan pernah merasa sendiri, Anda perlu teman atau orang berpengalaman untuk sekedar berbagi cerita dan memberi dukungan semangat karena setidaknya ini akan membantu Anda menjadi lebih baik.

Selain itu, tiga cara berikut juga dapat membantu membangkitkan semangat Anda lagi ketika berada dalam keadaan terpuruk, seperti dilansir laman Fortune.com:

1. Pertarungan

Namanya usaha pasti akan ada masa jatuh bangun, untuk itu Anda harus siap jika berada di posisi jatuh. Namun jangan berlama-lama, yakinlah dengan kemampuan yang Anda miliki. Anda harus bisa bangkit, pertarungan bisnis tidak akan pernah selesai.

Percaya diri bahwa Anda bisa melakukan sesuatu yang lebih baik lagi, manfaatkan bakat dan keterampilan yang dimiliki untuk membangun dan melakukan sesuatu yang lain yang lebih kreatif. Hal ini juga demi menyiapkan diri untuk persaingan dalam bisnis.

Kegagalan sebelumnya jadikan pelajaran untuk bisa lebih baik lagi, selain itu hiraukan saja jika mendengar omongan yang tidak enak dari orang lain.

Meskipun merupakan suatu pekerjaan yang paling sulit dilakukan saat sedang diuji dengan masalah yang berat dan dalam kondisi terpuruk, jangan biarkan emosi menguasai pikiran Anda. Tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai dan jangan sampai kalah dengan keadaan.

2. Percaya

Sukses itu butuh proses, selain Anda butuh saran dari orang lain untuk dorongan semangat, Anda pun harus percaya bahwa apa yang akan dilakukan akan mendapat hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Ketika dalam keadaan sulit, memang mental juga akan diuji sehingga membuat kepercayaan diri pun bisa menghilang. Namun jangan biarkan hal ini hingga berlarut-larut.

Apa yang Anda rasakan tergantung dari apa yang Anda pikirkan. Bangkit dan percayalah bahwa Anda bisa lebih kuat dari tantangan yang dihadapi saat ini.

1 dari 2 halaman

Gigih



3. Gigih

Dalam bisnis, Anda tidak bisa mencegah ketika berada dalam masa-masa sulit. Tapi Anda bisa bertahan dan melihat masalah Anda melalui solusi dan kegigihan usaha yang dilakukan.

Anda perlu semangat, serta kemauan untuk menghadapi hambatan. Teruslah tekuni bidang Anda untuk mencapai sukses.

Tantangan dalam bisnis akan selalu dihadapi, apalagi jika Anda seorang pemimpin di perusahaan. Bisnis baru akan terus bermunculan, karenanya Anda harus bisa menyikapinya dengan bijaksana, karena itu yang paling penting.

Ingatlah bahwa setiap kegagalan dan keterpurukan itu biasanya hanya bersifat sementara, selama Anda mau bangkit dan mencari solusi untuk mengatasi tantangan yang hadir di hadapan.

Jika masih menemui kegagalan lagi, percaya bahwa rencana Tuhan yang terbaik, intinya adalah Anda harus berpikir positif, jujur, optimisme dan percaya akan semua rencana Tuhan.​