Sukses

4 Cara Mudah Siapkan Dana Pensiun Sedari Dini

Salah satu tujuan keuangan yang banyak dilupakan orang adalah menyisihkan sebagian uangnya untuk dana pensiun.

Liputan6.com, New York - Salah satu tujuan keuangan yang banyak dilupakan orang adalah menyisihkan sebagian uangnya untuk dana pensiun. Banyak dari kita yang suka menunda hal ini. Padahal, menyiapkan dana pensiun sedini mungkin bisa membuat Anda lebih teratur dan terstruktur.

Saat muda kita memiliki banyak waktu dan tenaga untuk melakukan beragam pekerjaan demi mencari penghasilan sebanyak-banyaknya. Apabila hal ini dimanfaatkan dengan baik maka dana pensiun yang ingin Anda kumpulkan pun dapat tercapai dengan baik.

Berikut empat cara yang bisa Anda lakukan melansir investopedia.com, Sabtu (18/2/2017): 

1. Berkomitmen

Apabila Anda ingin memulai menabung untuk pensiun dari usia dini maka Anda harus memiliki komitmen yang teguh. Komitmen ini juga harus diikuti dengan disiplin untuk mengontrol pengeluaran dan aliran uang masuk setiap bulannya.

2. Berinvestasi

Bukan hanya menabung. Pendapatan lebih besar bisa Anda dapatkan dari berinvestasi. Investasi adalah salah satu solusi untuk memperoleh pendapatan secara pasif. Menyisihkan sebagian tabungan untuk memulai investasi yang aman adalah pilihan yang sangat cerdas.

3. Lunasi utang

Utang yang dimiliki seseorang bisa memiliki wujud yang beragam. Bukan hanya tagihan kartu kredit, tunggakan KPR, cicilan kendaraan juga merupakan bentuk hutang yang biasanya dimiliki oleh orang.

Kalau Anda memiliki utang alangkah baiknya bila Anda segera melunasi utang tersebut. Utang yang bunganya besar akan menggerogoti pendapatan kita secara teratur. Hal ini pada akhirnya berdampak pada sulitnya menabung untuk dana pensiun.

4. Buat rekening khusus

Cara cepat lain yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan dana pensiun adalah dengan membuat rekening khusus dana pensiun. Hal ini penting dan secara tidak langsung akan lebih memudahkan Anda.

Apabila Anda menabung di rekening yang sama dengan pengeluaran bulanan yang cenderung fluktuatif maka dana tidak bisa diatur dengan baik. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini