Sukses

Sri Mulyani: Ekonomi RI Tumbuh Paling Tinggi di Dunia

Banyak negara penghasil dan eksportir komoditas terpukul akibat anjloknya harga komoditas. Namun berbeda dengan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga kuartal III-2016 merupakan yang paling tinggi di dunia. Kinerja perekonomian ini mengalahkan negara lain yang termasuk produsen komoditas.

"Perekonomian Indonesia di 2016 merupakan perekonomian yang tumbuh paling tinggi di dunia," ujar dia saat ditemui di acara Diskusi Ekonomi Indonesia Menyongsong 2017 di Auditorium SCTV, Jakarta, Kamis malam (17/11/2016).

Menurut Sri Mulyani, India dan China selalu menjadi benchmark perekonomian Indonesia. Padahal bila melihat kinerja ekonomi negara lain, seperti Brasil, Afrika Selatan yang merupakan produsen komoditas seperti Indonesia tidak mampu bertahan saat kondisi pelemahan ekonomi dunia.

"Brasil dan Afrika Selatan yakni negara produsen komoditas tidak bisa survive saat lingkungan ekonomi dunia melemah, termasuk ekspor impor karena pengaruh kondisi global," jelas Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Kata Sri Mulyani, banyak negara penghasil dan eksportir komoditas terpukul akibat anjloknya harga komoditas. Namun berbeda dengan Indonesia.

"Indonesia masih mampu menjaga ekonominya dari sisi faktor domestik sehingga bisa menyeimbangkan pelemahan dari sisi global. Sehingga kita masih bisa tumbuh 5,04 persen hingga kuartal III ini," pungkas Sri Mulyani. (Fik/Nrm)
   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini