Sukses

Penataan Pelabuhan Tegal Mulai Februari 2017

Potensi untuk mengembangkan pelabuhan Kota Tegal menjadi pelabuhan niaga sangat besar,

Liputan6.com, Tegal - Proses penataan Pelabuhan Kota Tegal Jawa Tengah akan dimulai pada Februari 2017. Dengan penataan tersebut diharapkan mampu mendorong perekonomian kota Tegal dan sekitarnya. 

Direktur Pelindo III Orias Petrus Moedak menjelaskan, setelah melihat langsung ke lokasi, Pelindo III sebagai otoritas yang berwenang di Pelabuhan Tegal mengaku prihatin. Alasannya, pelabuhan tersebut tidak bisa mendukung kegiatan niaga.

Oleh karena itu, Pelindo III akan memulai proses pembenahan dengan menggeser kapal-kapal nelayan yang selama ini terparkir di pelabuhan dilanjutkan pengerukan baik di kawasan pelabuhan maupun di ujung alur pelabuhan.

“Kegiatan itu akan dimulai Februari 2017 dan ditarget selesai selama 1 tahun berikutnya," ucap Orias seperti dikutip Rabu (12/10/2016). 

Ia menambahkan, untuk membuat Pelabuhan Tegal menjadi pelabuhan niaga dan penumpang, Pelindo III akan terlebih dahulu melihat potensi industri daerah sekitarnya. “Oleh karena itu pengembangan akan disesuaikan dengan kebutuhan daerah-daerah disekitarnya," ucap dia.

Kepala Bappeda Kota Tegal Nur Effendi mengatakan, potensi untuk mengembangkan pelabuhan Kota Tegal menjadi pelabuhan niaga sangat besar, hal ini didukung jumlah konsentrasi nelayan Kota Tegal yang mencapai 12.000 orang yang selama ini tersebar diseluruh Indonesia.

"Industri perikanan di Kota Tegal saat ini juga masih terbatas sampai pengolahan bahan mentah," ucap Nur Effendi.

Dengan adanya pengembangan, kata dia, para pengusaha dapat mengolah hasil perikanannya di Kota Tegal menjadi produk-produk perikananan jadi lainnya. “Pelabuhan Kota Tegal juga sudah dilirik Investor dari Korea," katanya.

Diharapkan, setelah adanya penataan pelabuhan nelayan-nelayan Kota Tegal yang selama ini tersebar dapat kembali ke Tegal dan memproses hasil tangkapan di Tegal sehingga dapat meningkatkan perekonomian Masyarakat Kota Tegal. (Fajar Eko Nugroho/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.