Sukses

Pemerintah Masih Pikir-Pikir Cabut Subsidi Listrik 2 Golongan Ini

Pencabutan subsidi listrik dilatarbelakangi keputusan Badan Anggaran DPR‎ yang hanya memberikan anggaran subsidi listrik pada tahun ini sebe

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih mengkaji rencana pencabutan subsidi listrik bagi golongan pelanggan 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA, yang masuk golongan mampu. Langkah ini bertujuan agar penyaluran subsidi listrik tepat sasaran.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman ‎mengatakan, untuk mencabut subsidi listrik tidak bisa dilakukan sembarangan. Agar tidak salah sasaran, pihaknya harus melakukan kajian yang mendalam.

"Pokoknya lagi dikaji dulu ya. Kita enggak bisa sembarangan ya," kata dia di Jakarta, Jumat ‎(7/10/2016).

Jarman melanjutkan, saat ini skema pencabutan subsidi pun masih dalam kajian. Pemerintah mencari cara yang tepat aga‎r pencabutan subsidi listrik tidak memberatkan masyarakat, sehingga tidak berdampak besar pada inflasi. ‎"Belum. Belum. Kan, baru kemarin. Masih dikaji-dikaji‎," kata dia.

Pencabutan subsidi listrik dilatarbelakangi keputusan Badan Anggaran DPR‎ yang hanya memberikan anggaran subsidi listrik pada tahun ini sebesar Rp 44,89 triliun.

Adapun penerima subsidi listrik yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2017 sebanyak 23,15 juta, terdiri atas 19,1 juta pelanggan golongan 450 VA dan 4,05 juta 900 VA.

Sedangkan saat ini, jumlah masyarakat yang menerima subsidi listrik mencapai 45 juta pelanggan, yang terdiri atas golongan pelanggan 450 VA sebanyak 22,8 juta pelanggan dan 900 VA sebanyak 22,9 juta pelanggan.

"Jumlah penerimaan sekitar 23,15 juta pelanggan yang meliputi pelanggan daya 900 VA dan 450 VA," kata Direktur Perencanaan PLN Nicke Widyawati belum lama ini.

Menurut Nicke, angka masyarakat yang berhak menerima subsidi tersebut mengacu pada data dari Tim Nasional Percepatan Pengendali Kemiskinan (TNP2K).

"Itu hasil pemeriksaan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)‎," tutur Nicke.
 
Rencananya pencabutan subsidi listrik golongan 450 VA dan 900 VA akan berlangsung secara bertahap. Pembagiannya, golongan 450VA akan berlangsung dalam empat tahap dan 900VA dilakukan dalam tiga tahap pada tahun depan.

"Tahapannya untuk penyesuaian, sudah ada. Empat kali untuk 450 VA dan 900 VA tiga Kali," ujar Nicke.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini