Sukses

Holding Pertamina-PGN Bukukan Investasi US$ 1 Miliar

Pembentukan holding PT Pertamina dan PGN dinilai akan menghilangkan duplikasi investasi antara dua perusahaan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus menggenjot penyelesaian penggabungan PT Pertamina dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dalam satu holding. Dengan terbentuknya holding ini, maka investasi yang digelontorkan oleh kedua perusahaan pelat merah ini akan lebih maksimal.

Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman mengatakan, pembentukan holding ini akan menghilangkan duplikasi investasi yang selama ini terjadi antara dua perusahaan tersebut.

Bahkan jika duplikasi ini berhasil dihilangkan, maka total investasi dari holding kedua perusahaan tersebut nantinya bisa mencapai US$ 1 miliar dalam lima tahun ke depan.

"Minimal dari duplikasi saja sudah hampir US$ 1 miliar, duplikasi saja. Itu kalau di gas kalau misalnya ada beberapa rencana transmisi bikin distribusi lagi kalau tidak dikoordinasikan bisa double-double. Itu dalam lima tahun ke depan," ujar dia di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Selama ini kedua BUMN tersebut memang sering berbenturan saat melakukan investasi jaringan pipa gas. Dengan pembentukan holding ini, hal tersebut diharapkan tidak terjadi lagi.

"Kalau kita mau membangun pipa Duri-Dumai dan kita juga mengoptimalisasi pipa yang sudah kita punyai dengan pipa lain. Nanti kita optimalkan, misalnya penggunaan yang paling optimal dari FSRU (floating storage regasification unit) yang sudah dimiliki PGN," jelas dia.

Selain itu, dengan holding ini diharapkan bukan hanya bermanfaat bagi kedua perusahaan tetapi juga berimbas pada masyarakat. Dengan holding, maka biaya produksi yang dikeluarkan oleh masing-masing perusahaan akan semakin rendah sehingga berdampak pada harga produk yang dihasilkan.

"Dan juga tentunya harga yang bisa optimal untuk para konsumen. Dan ini sebetulnya interest utamanya bukan hanya soal value creation, tapi sebenarnya infrastruktur dan keterjangkauan harga untuk konsumen," ujar dia. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Holding