Sukses

Ini Misi Menteri Perdagangan dalam Pertemuan G20 Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong melakukan perjalanan dinas ke Shanghai, Tiongkok untuk menghadiri Pertemuan G20 Trade Ministers Meeting (TMM). Dalam pertemuan ini, akan dibahas kerja sama kolektif dalam membangun pondasi pemulihan pertumbuhan perdagangan dan investasi global.

Thomas menjelaskan, Forum G20 menginginkan adanya langkah terkoordinasi dalam mendukung dan memfasilitasi investasi internasional. “G20 ingin menunjukkan peran strategis perdagangan dan investasi sebagai mesin penggerak utama bagi pertumbuhan ekonomi global dan penciptaan lapangan kerja yang berkelanjutan,” jelas dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (8/7/2016). 

Saat ini, negara anggota G20 secara kolektif mewakili 85 persen PDB dunia, 79 persen perdagangan dunia, dan dua per tiga penduduk dunia. Indonesia, sebagai salah satu negara anggota G20, juga semakin diperhitungkan di kancah perdagangan dan investasi dunia.

Pertemuan di Shanghai merupakan langkah dan upaya menghadapi tantangan yang tengah dihadapi negara anggota G20, yaitu rendahnya tingkat pertumbuhan perdagangan global empat tahun terakhir yang bertengger pada angka 3 persen. Pertumbuhan ini di bawah tingkat pertumbuhan ekonomi global dan rata-rata pertumbuhan periode sebelum krisis 2008-2009 yang mencapai 7 persen.

Keprihatinan juga dialamatkan pada kinerja arus Foreign Direct Investment (FDI) global yang masih berada di bawah level puncaknya pada 2007.

Sementara itu, Tiongkok sebagai tuan rumah berharap dukungan dari negara-negara anggota G20 dan organisasi internasional agar Trade Ministers Meeting dapat menghasilkan aksi nyata menghadapi kelesuan pertumbuhan perdagangan dan investasi global.

Para Menteri Perdagangan G20 diharapkan dapat memainkan kepemimpinan baru bagi penguatan kerja sama global yang tercermin dalam tema utama perdagangan Presiden Tiongkok di G20, yaitu “robust international trade and investment”.

Indonesia pun turut mendukung upaya ini. “Kehadiran Indonesia pada Pertemuan G20 ini merupakan bentuk kontribusi dan komitmen untuk turut mendukung pertumbuhan ekonomi," tutur dia.

Di sela-sela Trade Ministers Meeting, Menteri Perdagangan Thomas Lembong juga akan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa negara mitra termasuk Jepang, Turki, dan Tiongkok. Thomas ingin menjalin keselarasan kebijakan perdagangan dan investasi dan membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi bilateral, pengembangan investasi, serta intensifikasi ikatan bisnis.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Loading