Sukses

Pos Indonesia Dorong UMKM Transaksi Online

PT Pos Indonesia menggandeng Nurbaya Initiative untuk mendorong 2 juta UMKM bertransaksi digital.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pos Indonesia (Persero) dan  Nurbaya Initiative menyepakati perjanjian kerja sama untuk  mendorong Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) bertransaksi secara digital. Dalam kerja sama ini, ditargetkan sebanyak 2 juta UMKM bertransaksi dengan digital.

Pada kerja sama ini, Pos Indonesia dan Nurbaya Initiative akan menyediakan market place untuk UMKM. Nurbaya Initiave akan bertindak sebagai kurator yang menentukan produk yang dipasarkan. Sedangkan Pos Indonesia membantu dalam hal distribusi barang dan sistem pembayaran.

Presiden Direktur Pos Indonesia Gilarsi Wahju Setijono mengatakan, untuk mengejar 2 juta UMKM pihaknya akan menerjunkan petugas di lapangan untuk membantu pelaku usaha UMKM dalam menjual produknya.

"Dengan cakupan Pos Indonesia yang luas dan tersedia di seluruh Indonesia, perusahaan yakin bisa membantu lebih banyak UKM yang belum terhubung ke online untuk mulai beralih ke ranah ini, " kata dia dalam siaran pers, Jakarta, Minggu (19/6/2016).

CEO Nurbaya Initiative  Andy Sjarif mengatakan, pelaku UMKM bisa saja saja membuat market place sendiri. Namun, mereka kerap dihadapkan pada masalah dana untuk meningkatkan traffic, visitor, dan biaya iklan.

"Nilainya tak sedikit. Kondisi inilah yang akan kami akomodir melalui Nurbaya Corner. Karena Nurbaya Intiative memiliki lahan khusus di hampir seluruh marketplace di Indonesia, yang disebut dengan Nurbaya Corner," kata dia.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan pemerintah terus mendukung UMKM untuk beralih ke basis digital. Dia bilang, hal tersebut akan meningkatkan produktivitas sampai dua kalilipat.

Dia menerangkan, saat ini banyak pelaku UMKM masih enggan bertransaksi dengan internet. Padahal, mereka aktif di media sosial seperti Facebook.

Oleh karena itu, pemerintah bersama Pos Indonesia dan Nurbaya Initiative mendorong pelaku usaha untuk bertransaksi dengan online. Kemudian nantinya barang akan dikirim dengan offline.

Selain itu, untuk mendorong UMKM pemerintah berjanji memberikan 1 juta hosting co.id untuk seluruh UMKM secara gratis. "Bila masih kurang kami akan menambah 1 juta hosting lagi, jadi totalnya bisa 2 juta," ujar dia. (Amd/Ahm)


    
    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.