Sukses

Tambah Cadangan, Pemerintah Lelang 15 Blok Migas

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka lelang 15 Wilayah Kerja (WK) minyak dan gas bumi ‎(migas) tahap pertama 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka lelang 15 Wilayah Kerja (WK) minyak dan gas bumi ‎(migas) tahap pertama 2016. Proses lelang sumur migas ini untuk menambah cadangan migas Indonesia.

"Ini dilakukan sebagai upaya ‎meningkatkan cadangan migas Indonesia," kata Direktur Pembinaan Hulu Minyak dan Gas Bumi Direktorat Jenderal (Dirjen) Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto saat mengumumkan lelang WK migas tahap pertama, dalam acara IPA Convention & Exhibition, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Dalam lelang tersebut, Kementerian ESDM menggunakan skema lelang baru‎. Sebelumnya‎ bagi hasil dan bonus tanda tangan ditetapkan sepihak oleh pemerintah. Dalam skema baru berubah menjadi open bid split. Melalui skema tersebut peserta lelang bebas memberikan penawaran terhadap besaran bagi hasil dan bonus tanda tangan, sedangkan Pemerintah akan memilih penawaran terbaik dengan batasan tertentu terhadap owner estimate yang telah ditetapkan.

Ke-15 blok migas tersebut terdiri dari 14 blok migas konvensional dan 1 blok migas nonkonvensional. Sebanyak 7 blok migas konvensional ditawarkan melalui lelang reguler, sementara 7 blok lagi melalui penawaran langsung. Sementara 1 blok migas nonkonvensional ditawarkan melalui lelang reguler.

Pada lelang periode pertama tahun ini, pemerintah akan melelang 15 blok migas konvensional dan nonkonvensional dengan jadwal Sementara untuk penawaran langsung, pengambilan dokumen lelang dilakukan mulai tanggal 15 Juni sampai 5 Agustus 2016. Kemudian forum klarifikasi dilakukan mulai tanggal 20 Juni sampai 5 Agustus 2016. Penawaran dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2016.

Sedangkan, untuk jadwal lelang tersebut untuk penawaran reguler, pengambilan dokumen lelang dilakukan mulai tanggal 15 Juni sampai 19 Agustus 2016. Kemudian forum klarifikasi dilakukan mulai tanggal 20 juni sampai 19 Agustus 2016.

Penawaran dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2016.‎ Lelang WK migas akan kembali dilakukan pada Oktober 2016.

Lelang Reguler Blok Migas Konvensional:
1. South CPP
2. Oti
3. Suremana I
4. Manakarra Mamuju
5. South East Mandar
6. North Arguni
7. Kasuri II

Lelang Penawaran Langsung Blok Migas Konvensional
1. Bukit Barat
2. Batu Gajah Dua
3. Kasongan Sampit
4. Ampuh
5. Ebuny
6. Onin
7. West Kaimana

Lelang Reguler Blok Migas Nonkonvensional
1. Batu Ampar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.