Sukses

Ingin Dapat Harga Cabai Murah? Yuk Kunjungi Toko Tani Ini

Pemerintah gelar toko tani sebagai upaya untuk menyediakan produk pangan dengan harga murah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Toko Tani Indonesia yang berlokasi di Car Free Day, Sarinah, Thamrin. Toko Tani ini menyediakan produk-produk pangan dengan harga murah dan berkualitas.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, Toko Tani ini digelar sebagai upaya pemerintah untuk menyediakan produk pangan dengan harga murah. Dengan demikian, diharapkan mampu meredam gejolak harga produk pertanian terutama jelang masuknya Ramadan.

"Jadi Insya Allah struktur pasar yang baru akan terbentuk sehingga konsumen dan Pedagang tersenyum‎. Ini bukan lagi operasi pasar. Toko Tani terus menerus ada setiap hari," ujar dia di Jakarta, Minggu (8/5/2016).

Dia menjelaskan, harga komoditas pangan yang dijual‎ di toko murah ini jauh di bawah harga di pasar. Sebagai contoh, harga beras jenis premium dijual dengan harga hanya Rp 7.500 per kg, bawang merah dengan harga Rp 22 ribu per kg serta cabai rawit dan cabai merah keriting yang banderol Rp 18 ribu per kg.

"Banyak yang ragu kita bisa pangkas rantai pasok. Melalui ini buktikan kita berhasil membawa komoditas pangan ini dari petani langsung ke konsumen sehingga harganya bisa lebih murah,"‎ kata dia.

Selain di kawasan Car Free Day Thamrin, Toko Tani ini juga digelar serempak di sejumlah titik di Jakarta, seperti Rusun Tambora Jakarta Barat, Rusun Klender dan Pasar Cijantung Jakarta Timur, Rusun Petamburan dan Rusun Tanah Abang Jakarta Pusat, serta di Kelurahan Ragunan, Pasar Lenteng Agung, Pasar Pondok Labu. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini