Sukses

Zimbabwe Ingin Belajar Promosi Produk UKM dari RI

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu negara di kawasan Afrika Selatan, Zimbabwe menyatakan keinginannya untuk belajar dari Indonesia mengenai promosi produk usaha kecil dan menengah (UKM).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam mengatakan, hingga saat ini belum banyak negara yang mempunyai pusat promosi produk UKM seperti di Indonesia.

Saat ini Indonesia memiliki Smesco yang merupakan pusat informasi dan promosi produk-produk UKM dari berbagai daerah di Indonesia.‬

"Negara-negara yang mempunyai pusat promosi UKM, antara lain baru Jepang, Korea, Taiwan, Thailand, Maysia dan Amerika Serikat," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (25/4/2016).

 

Agus menjelaskan, ‪sudah banyak negara yang belajar mempromosikan produk-produk UKM ke Smesco. Pada pekan lalu, sejumlah negara yang berkunjung dan belajar dari Smesco antara lain, Brunei, Senegal, Kenya, Mesir dan terakhir Zimbabwe.‬

Agus Muharam menuturkan, para delegasi Zimbabwe yang berkunjung ke Indonesia merasa kagum dan merasa puas terhadap cara Indonesia mempromosikan produk-produk UKM.‬

"Produk-produk kita menurut mereka bagus dan sangat berkualitas, seperti produk handicraf, batik, furnitur dan lain-lain," tutur Agus.

Zimbabwe juga ingin agar Indonesia, dalam hal ini Smesco, untuk melatih mereka cara mempromosikan produk UKM-nya.

"Mereka berjanji ingin berkunjung lagi ke sini, mereka kagum dan puas melihat produk-produk kita. Zimbabwe ini merupakan negara yang sangat besar dan terkenal di Afrika," kata dia. (Dny/Ahm)