Sukses

Freeport Mau Melantai di Bursa Saham, Ini Reaksi Bos OJK

Rencana PT Freeport Indonesia menawarkan saham perdana disambut baik Bos OJK

Liputan6.com, Jakarta - Rencana PT Freeport Indonesia menawarkan saham perdana atau Innitial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia disambut baik Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad.

Perusahaan tambang emas raksasa ini didesak melepas saham (divestasi) pemerintah, salah satunya lewat IPO.  

"Nanti tunggu dulu. Pada prinsipnya kita senang jika ada perusahaan besar untuk listed, malah kita dorong," ujar Muliaman di Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Menurutnya, pengelolaan keuangan Freeport Indonesia akan lebih transparan karena setiap saat kinerjanya terpantau di pasar modal. Sehingga pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) lebih baik.

"Kalau di pasar kita tidak bisa lihat siapa yang beli. Pokoknya kita sediakan mekanismenya," kata Muliaman.

Ia mengaku, OJK berjanji akan mempermudah dan mempermurah proses IPO maupun penerbitan surat utang di tahun depan. Alasannya selama ini, investor di pasar modal mengeluhkan mahalnya biaya untuk melaksanakan aksi korporasi tersebut, misalnya penerbitan obligas.

"Menerbitkan obligasi biayanya lebih mahal dibanding biaya memperoleh pinjaman karena ada biaya underwriting dan lainnya," pungkas Muliaman. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini