Sukses

Strategi Pertamina Atasi Kelangkaan BBM di Tol Cipali Saat Mudik

Pertamina juga akan berkoordinasi dengan DPR untuk kesiapan penyediaan BBM menghadapi Lebaran.

Liputan6.com, Subang - Manajemen PT Pertamina (Persero) menyatakan tak khawatir jika Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan kekurangan bahan bakar minyak (BBM) ketika musim mudik.

Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi khusus untuk masalah BBM. Salah satunya dengan memanfaatkan mobil-mobil tangki pengisian yang ditempatkan di pintu keluar tol.

"Bagaimana mengatasi, kami menyiapkan mobil-mobil tangki yang ditempatkan di dekat pintu masuk seperti Kalijati disiapkan juga," kata dia Subang, Sabtu (13/6/2015).

Dengan langkah itu, dia menjamin jika SPBU yang hanya berjumlah 4 unit ini tidak kekurangan BBM. Ahmad mengatakan akan memanfaatkan mobil tangki pengisian yang digunakan untuk industri. "Mobil untuk industri sebagai kantong. Karena industri tutup pada saat lebaran," kata Ahmad.

Supaya itu berjalan mulus, pihaknya juga akan memberikan pengawalan ketat dengan berkoordinasi dengan Kepolisian. "Kami sudah dibantu polisi dengan stiker khusus dikawal, semata untuk memberi layanan di masyarakat," ujar Ahmad.

Ahmad mengatakan Pertamina akan menerjunkan satuan tugas (satgas) untuk mengawal BBM saat Lebaran. Pertamina juga melakukan koordinasi dengan lintas departemen.

Pihaknya menuturkan, persiapan Lebaran ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena Pertamina juga berkoordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Yang menarik, untuk kesiapan Lebaran ke DPR  baru pertama kali. Jadi nanti akan presentasi kesiapan Lebaran, biasanya hanya kementerian," tandas dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.