Sukses

Hadapi Libur Natal, ASDP Tambah Dermaga Kurangi Kepadatan

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) menambah jumlah pengoperasian dermaga menghadapi libur Natal dan Tahun Baru.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Ferry Indonesia, Cristine Hutabarat mengungkapkan dermaga yang akan dioperasikan yaitu dermaga IV.
"Dermaga empat malam ini (kemarin) akan mulai dioperasikan," kata Cristine kepada Liputan6.com yang ditulis, Selasa (23/12/2014).

Dermaga tersebut resmi dioperasikan kembali setelah sebelumnya dilakukan perbaikan. Dengan demikian salah satu pelabuhan penumpang terpadat di Indonesia tersebut memiliki lima‎ dermaga yang dioperasikan.

Pengoperasian kembali tersebut dalam rangka mengurangi kepadatan pelabuhan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru yang setiap tahunnya jumlah penumpang akan melonjak.

Hingga saat ini ASDP telah mengoperasikan sebanyak 22 kapal untuk mengangkut penumpang menyeberang ke Sumatra melalui Pelabuhan Bakaheuni, Lampung.

"‎Dioperasikannya dermaga empat, kapal bisa tambah jadi kapal bisa operasi maksimal 28 minimum 26 kapal," ujar Cristine.

Saat ini, dari lima dermaga di Pelabuhan Merak tersebut, jumlah penumpang per hari yang harus dilayani penyeberangan ini mencapai 3.526 orang dan kendaraan mencapai 5.199 kendaraan. (Yas/Ahm)