Sukses

Robert Mugabe, Presiden yang Cari Uang dari Berkebun

Dalam setahun, Mugabe menerima pendapatan sebesar US$ 20 ribu atau Rp 242 juta.

Liputan6.com, Harare - Sebagian besar pimpinan negara di dunia ini tentu merasakan hidup tanpa kekurangan secara finansial. Tak perlu melakukan usaha lain, dengan pendapatannya, para presiden bisa mencukupi seluruh kebutuhannya bahkan hingga berlebih.

Sayangnya, keadaan tersebut tidak bisa dirasakan oleh mantan presiden Zimbabwe Robert Mugabe pada masa pemerintahannya. Saat dia menjabat sebagai presiden, ia justru menjalani hidup penuh kekurangan. Padahal, pria kelahiran 1924 ini telah banyak melakukan perubahan positif bagi negaranya.

Pria yang dikenal sebagai reformis perekonomian di Zimbabwe ini merasa bahwa pendapatannya sebagai presiden tidak cukup untuk menghidupi keluarganya. Alhasil, keluarga Mugabe masih harus berbisnis di sektor lain demi mencukupi kebutuhannya sehari-hari.

Lantas bisnis apa yang dilakukan Mugabe bersama keluarga? Berapa penghasilannya per bulan? Berikut ulasannya seperti dikutip dari The Richest, The Investopedia, dan top10pop.com, Selasa (4/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karir politik Robert Mugabe

Karir politik Robert Mugabe

Mantan presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, lahir pada 21 Februari 1924. Dia merupakan lulusan sarjana seni dari University of Fort Hare di Zimbabwe.

Mugabe mulai merintis karir politiknya pada 1960 di Rhodesia Selatan. kala itu, dia bergabung dengan Partai Demokratik Nasional (NDP).

Tapi saat partai tersebut dilarang berdiri kembali di negaranya, Mugabe langsung bergabung dengan National Union Zimbabwe African. Sayangnya, kelompok tersebut dituding telah melakukan aksi pembunuhan.

Para pemimpinnya yang diduga terlibat termasuk Mugabe akhirnya ditangkap.

3 dari 4 halaman

Robert Mugabe pernah dipenjara

Robert Mugabe pernah dipenjara

Meski dari dalam penjara, Mugabe tetap aktif berpolitik dan bergabung dengan ZANU. Setelah dibebaskan setahun kemudian, Mugabe terbang ke Mozambil untuk meneruskan kampanyenya di bawah perlindungan pemerintah.

Setelah Perang Rhodesia berakhir, Mugabe muncul ke permukaan sebagai pahlawan Afrika. Dia lantas dipanggil untuk rekonsiliasi antar seluruh partai yang bersengketa.

Namanya yang terlanjur dicintai masyarakat memudahkan jalannya untuk memimpin negara. Dia lantas memenangkan pemilihan umum pada 1980 dan dilantik sebagai presiden pada hari kemerdekaan Zimbabwe.

4 dari 4 halaman

Sumbang perubahan positif, Robert dapat gaji kecil

Sumbang perubahan positif, Robert dapat gaji kecil

Selama memimpin bahkan jauh sebelumnya, Mugabe telah memberikan banyak perubahan positif bagi Zimbabwe. Salah satunya adalah saat dia mulai mereformasi perekonomian Zimbabwe pada era 1990-an.

Namun sayang, dengan seluruh perubahan yang dilakukannya, Mugabe diganjar dengan gaji yang terbilang cukup sedikit sebagai pemimpin negara. Dalam setahun, Mugabe menerima pendapatan sebesar US$ 20 ribu atau Rp 242 juta (kurs: Rp 12.110/US$).

Artinya, setiap bulan dia hanya memperoleh gaji sekitar Rp 20 juta tanpa tunjangan. Dengan anak-anak yang masih sekolah di dan kuliah, keluarga Mugabe dikabarkan menambah penghasilan dari usaha perkebunan. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini