Sukses

Sertijab Menkeu & Wamenkeu Dihadiri Tamu-tamu Penting

Rombongan Bank Indonesia (BI) yang dipimpin Gubernur BI Agus Martowardojo yang juga mengenakan batik coklat.

Liputan6.com, Jakarta - Usai pelantikan dan sidang kabinet di Istana Merdeka, agenda penting seluruh menteri Kabinet Kerja di bawah pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) adalah menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) di pos Kementerian masing-masing.

Sertijab juga akan diselenggarakan Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro dan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo.

Acara tersebut rencananya berlangsung hari ini (27/10/2014) pukul 16.00 WIB di Gedung Djuanda Kementerian Keuangan, Lapangan Banteng, Jakarta.

Dari pantauan Liputan6.com, Bambang dan Mardiasmo tiba di Gedung Kemenkeu pukul 15.50 WIB. Kedua pemimpin Kemenkeu lima tahun mendatang ini masih mengenakan baju batik warna coklat.

Keduanya tampak terburu-buru memasuki ruang acara Sertijab. Bambang hanya melempar senyum dan menjawab pertanyaan wartawan seadanya. "Nanti ya," ungkap dia.

Sementara Mardiasmo saat ditanyakan mengenai letak posisi ruangan Wamenkeu, dia menjawab terpisah dengan Menkeu. "Pak Bambang kan di lantai 8, saya di lantai 6," ucapnya.



Setelah kehadiran Bambang dan Mardiasmo, disusul kedatangan beberapa pejabat Kementerian Keuangan seperti Dirjen Kekayaan Negara Hadiyanto, Dirjen Anggaran Askolani dan lainnya.

Selang beberapa menit kemudian, tiba rombongan Bank Indonesia (BI) yang dipimpin Gubernur BI Agus Martowardojo yang juga mengenakan batik coklat. Juga Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad

"Sekarang nuansanya serba coklat," kata Agus saat disambut para awak media.

Menariknya, acara Sertijab tersebut juga dihadiri Menteri Keuangan di Era Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Chatib Basri. Ketika datang bersama sang istri, dia sempat menyalami satu per satu awak media.

"Wah kalau saya menyalami kalian satu-satu bisa telat ini ke acara. Pak Menkeu-nya sudah nunggu," tandas Chatib.

Sekadar informasi, Bambang Brodjonegoro sebelumnya merupakan Wakil Menteri Keuangan dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Dalam kabinet Presiden Jokowi, pria bernama lengkap Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro ini resmi menjadi Menkeu.

Bambang merupakan anak bungsu dari rektor Universitas Indonesia (UI) periode 1964-1973, Prof. Dr. Ir. Soemantri Brodjonegoro.

Bambang  menyelesaikan studi di FEUI Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan pada 1990. Dia kemudian meraih gelar Master of Urban Planing (1995) dan Ph.D in Regional Planning (1997) dari University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat.

Nama Bambang dikenal baik di dalam maupun di luar kalangan akademik. Dia tercatat menjadi satu-satunya Dekan di lingkungan UI yang diangkat saat usianya belum menginjak 40 tahun.

Selain itu, Bambang juga ikut merintis program Pascasarjana Fakultas Ekonomi UI dan menjadikannya program double degree yang bekerja sama dengan Australian National University.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan, Bambang juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Ketua Penentu Inflasi Regional di Indonesia Bank Indonesia, Ketua Strategi Pengentasan Kemiskinan Kota Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Ketua Pembangunan Regional dan Desentralisasi di Indonesia Bank Mandiri dan lain-lain.

Sementara Mardiasmo saat ini resmi ditunjuk sebagai Wamenkeu pada Kabinet Kerja Jokowi. Sebelumnya dia menjabat sebagai Kepala BPKP Pusat. Pria kelahiran Solo, 10 Mei 1958 itu pernah duduk di kursi Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Negara. Mardiasmo juga menjabat Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini