Sukses

Jokowi Janji Bawa RI Swasembada Pangan dalam 3 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Sektor pangan dan pertanian merupakan salah satu bidang yang jadi prioritas Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dalam menjalankan pemerintahan. Jokowi akan mengembalikan swasembada pangan dalam waktu tiga tahun, kecuali kedelai dan daging sapi.

"Setelah kami hitung-hitung, swasembada pangan dapat kita pegang 3-4 tahun," kata Jokowi di Rumah Transisi, Jakarta, seperti ditulis Senin (29/9/2014).

Waktu 3 tahun dirasa sudah cukup bagi Jokowi untuk kembali mengembalikan kejayaan Indonesia di bidang pangan. Meski, tantangan besar masih tetap menanti di depan.

"Memang negara ini banyak masalah, tapi tidak menyurutkan optimisme kami untuk bersama-sama membangun Indonesia," lanjut Jokowi.

Meski punya keyakinan yang cukup besar dalam membangun pangan, Gubernur DKI Jakarta itu tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan pangan untuk masuk dalam swasembada. Sedikitnya ada dua komoditas pangan yang belum bisa diselesaikan dalam waktu 3 tahu, yakni kedelai dan daging sapi.

"Mungkin kedelai dan daging agak mundur. Kedelai karena tidak semua tempat bisa ditanami, sama juga dengan daging, hitung-hitungan kita mundur. Tapi kita akan mencapai pertumbuhan ekonomi di atas tujuh persen dalam tiga tahun ke depan," tutup Jokowi. (Ahmad Romadoni/Ndw)

Loading