Sukses

OJK Gandeng BNI Sosialisasi Literasi Keuangan kepada TKI

BNI bersama OJK memberikan teknik edukasi secara informal kepada tenaga kerja indonesia untuk memudahkan pemahaman produk keuangan.

Liputan6.com, Tokyo - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bank Negara Indonesia (BNI) menyelenggarakan edukasi keuangan dan kewirausahaan dalam rangka program Gerakan Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2014.

Kegiatan ini dilakukan kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Magang (Kenshusei) di Tokyo, Jepang pada 18 Mei 2014. Kegiatan ini memiliki sejumlah tujuan. Pertama, memperkenalkan OJK dan Lembaga Jasa Keuangan kepada para TKI.

Kedua, memperkenalkan produk dan jasa keuangan kepada para TKI. Ketiga, memperkenalkan konsep perencanaan keuangan. Keempat, memperkenalkan konsep kewirausahaan.

Acara ini dihadiri Deputi Direktur Edukasi, Direktorat Literasi dan Edukasi OJK, Lasmaida S Gultom, pemimpin divisi internasional BNI A Firman Wibowo, dan pemimpin BNI cabang Tokyo Afien Yahya.

Lasmaida menuturkan, OJK tidak hanya berperan sebagai regulator sektor keuangan namun melalui Direktorat Literasi dan Edukasi juga ingin memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya memahami produk keuangan, menyikapinya dengan bijak termasuk risiko serta perlindungan kepada konsumen.

Adapun acara gerakan nasional literasi keuangan Indonesia 2014 di Tokyo ini dikemas dalam format yang menarik sesuai dengan target peserta yang hadir.

Teknik edukasi disampaikan secara informal untuk memudahkan peserta dalam memahami cara pengelolaan keuangan, sehingga diharapkan setelah kembali ke tanah air dapat menjadi bekal untuk pengetahuan setelah mereka tidak bekerja di luar negeri.

"Kami memberikan edukasi keuangan dan perbankan antara lain dengan memberikan pemahaman dan advisory mengenai pengelolaan keuangan, berbagai keperluan transaksi keuangan yang dibutuhkan bagi para pekerja Indonesia luar negeri serta kewirausahaan," ujar Firman, seperti dikutip dari keterangan yang diterbitkan hari ini.

Firman juga mengungkapkan, BNI akan terus bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI (KBRI), perwakilan Bank Indonesia (BI), dan OJK, Lembaga Keuangan lainnya di luar negeri, lembaga pelatihan profesional, serta asosiasi TKI termasuk mahasiswa Indonesia di luar negeri.

"Hal ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi para TKI melalui program pelatihan wirausaha dan edukasi perbankan, sehingga TKI dari luar negeri lebih siap untuk menjadi pengusaha di Tanah Air, dan tentunya dapat menjadi mitra BNI di kemudian hari," kata Firman. (Gdn/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.