5 Tips agar Kuat Olahraga Walau Puasa di Bulan Ramadhan

Puasa Ramadhan seharusnya tidak menjadi alasan Anda untuk berhenti berolahraga.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 15 Apr 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi Olahraga dengan Pasangan (Photo created by pressfoto on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Umat Muslim di seluruh dunia sedang menjalankan bulan suci Ramadhan, dan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. 

Ramadhan yang telah dimulai sejak Sabtu 2 April, akan berakhir pada Minggu 1 Mei.

Berolahraga dan mempertahankan gaya hidup sehat selama Ramadhan bisa jadi sulit ketika Anda tidak bisa minum air atau makan sejak matahari terbit hingga terbenam. Tetapi para ahli kebugaran mengatakan ada cara untuk membuat tubuh beradaptasi.

Berolahraga di bulan puasa memang lebih menantang dibandingkan bulan lainnya, salah satunya terkait jam berolahraga.

Dokter spesialis kedokteran olahraga Elsye mengatakan, waktu yang tepat untuk olah tubuh saat Ramadhan yakni selepas berbuka.

"Waktu yang paling tepat saya rekomendasikan adalah 1-2 jam setelah buka puasa," kata Elsye.

Bagaimana jika olahraga dilakukan sebelum waktu berbuka? Elsye mengatakan, hal itu boleh saja dilakukan, asalkan masih memiliki cadangan energi. Misalnya 1 jam sebelum buka puasa atau 1 jam setelah sahur bisa dilakukan dengan intensitas ringan seperti berjalan cepat.

Elsye pribadi memang lebih memilih sesudah buka puasa. Sehingga, dirinya sudah memiliki energi untuk berolahraga kesukaannya, yakni lari yang termasuk jenis sedang dan tinggi. Selain itu, ia merasa lebih maksimal juga berolahraga usai buka puasa.

Bila berencana berolahraga usai berbuka puasa, pilih santapan berbuka yang manis alami seperti pisang, semangka, atau timun suri.

Usai mengonsumsi timun suri, bisa dilanjutkan dengan makan makanan mengandung karbohidrat seperti pisang atau roti selai cokelat. Sejam kemudian barulah berolahraga, boleh intensitas sedang maupun tinggi.

Dilansir dari laman Independent, Jumat (15/4/2022), berikut adalah sejumlah tips agar Anda tetap kuat berolahraga walaupun berpuasa sehari penuh:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Tetap Terhidrasi Saat Pagi Hari

Ilustrasi Air Minum/ Pixabay

Minum air sebanyak mungkin antara buka puasa dan Sahur dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi di siang hari - terutama jika Anda berencana untuk berolahraga di beberapa titik, kata Sunny Salique, seorang pelatih olahraga. 

“Ini satu-satunya air yang bisa Anda minum sampai matahari terbenam – yang berarti Anda berpuasa selama lebih dari 12 jam.

“Saya biasanya minum sekitar empat gelas besar air sebelum matahari terbit, untuk memastikan saya terhidrasi untuk hari berikutnya.”

3 dari 6 halaman

2. Cari Waktu Terbaik

Ilustrasi berolahraga. (dok. Unsplash.com/Tomasz Woźniak @huckster)

Puasa terasa berbeda untuk setiap orang, jadi Anda harus menemukan waktu latihan yang terbaik untuk Anda. 

“Saya pribadi berlatih di malam hari, beberapa jam setelah saya berbuka, karena itu berarti saya bisa minum air selama sesi saya dan tidak khawatir tentang dehidrasi,” kata Salique.

Souad Gharib, pemilik layanan pelatihan pribadi khusus wanita Female Trainer, mengatakan bahwa menyelesaikan latihannya di pagi hari membantunya merasa berenergi selama jam-jam sore yang menantang, ketika rasa lapar dan lelah biasanya muncul.

“Di malam hari selama bulan Ramadhan, saya merasa bugar. Berolahraga sebelum berbuka puasa bermanfaat bagi saya, karena secara pribadi saya merasa memiliki sedikit lebih banyak energi jika saya melakukannya di pagi hari.”

4 dari 6 halaman

3. Bergabung dengan Gym 24 Jam

Ilustrasi. Gym

Anda tidak perlu mengorbankan ruang beban saat berpuasa.

“Sebagian besar pusat kebugaran tutup pada jam 10 malam, tetapi jika Anda bergabung dengan pusat kebugaran 24 jam lokal selama bulan Ramadhan, ini memberi Anda fleksibilitas untuk berolahraga setelah Anda berbuka puasa atau di antara waktu shalat,” kata Salique.

“Anda bisa berolahraga di rumah tentu saja, tapi saya suka keluar dan berada di lingkungan baru.”

5 dari 6 halaman

4. Perbanyak Latihan Kekuatan

ilustrasi gym/Photo by mentatdgt from Pexels

Jika Anda penggemar olahraga HIIT, Anda mungkin tergoda untuk mengikuti jadwal kardio yang biasa Anda lakukan, tetapi disarankan untuk beralih ke olahraga yang tidak terlalu intens – dengan repetisi yang lebih rendah dan waktu istirahat yang lebih banyak.

 “Saya suka berolahraga cukup lambat selama Ramadhan, dan saya biasanya memilih untuk melakukan latihan kekuatan,” kata Gharib. 

“Dengan cara itu saya dapat melanjutkan olahraga untuk kaki saya, tubuh bagian atas, tetapi saya tidak berolahraga dengan cara di mana saya banyak berkeringat dan merasa haus. Ini lambat dan terkendali bagi saya – ini bukan tentang mengubah kemampuan terbaik dari diri saya.”

6 dari 6 halaman

5. Makan Sarapan yang Mengenyangkan

Ilustrasi Muslim, puasa, buka puasa, sahur. (Photo by Gabby K from Pexels)

“Makan sarapan yang baik (sebelum matahari terbit) dengan karbohidrat kompleks,” saran Salique.

"Bagi saya itu termasuk banyak gandum dan kacang-kacangan dengan kurma dan pisang, karena ini akan memberi Anda energi pelepasan lambat sepanjang hari dan membuat Anda kenyang lebih lama."

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya