Sukses

Trafik Internet Telkomsel Naik 12,87 Persen Saat Ramadan dan Idul Fitri 1445 H

Trafik internet Telkomsel naik 12,8 persen saat momen Ramadan dan Idul Fitri 2024, dipicu akses game online yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mencatatkan terjadinya peningkatan trafik internet hingga 12,87 persen saat Ramadan dan Idulfitri 1445 H dibandingkan dengan hari biasa di tahun 2024.

Menurut data perusahaan, trafik internet ini lebih tinggi 15,08 persen dibandingkan periode Ramadan dan Idulfitri tahun sebelumnya.

Peningkatan trafik internet ini didukung oleh tingginya aktivitas digital sepanjang Ramadan dan Idulfitri. Untuk memenuhi tingginya trafik tersebut, Telkomsel juga melakukan optimalisasi jaringan dan menambah produk dan layanan.

Vice President Corporate Communications & CSR Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, Telkomsel berhasil mengawal dan melayani pelanggan tanpa gangguan di momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

Saki menjelaskan, selama periode RAFI 2024, lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital.

Adapun penyumbang terjadinya lonjakan trafik internet antara lain aktivitas mobile gaming yang naik 78,51 persen.

Lalu, peningkatan terhadap akses layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) sebesar 28,52 persen.

Disusul pula dengan kenaikan akses terhadap video streaming yang mencapai 15,94 persen, akses e-commerce naik 15,77 persen, akses media sosial naik 14,07 persen, dan akses browsing tumbuh 9,74 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Aplikasi Paling Banyak Dipakai Saat Ramadan

"Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (naik 40,09 persen), Instagram (naik 24,51 persen), TikTok (naik 17,82 persen), YouTube (naik 15,28 persen), dan Facebook (naik 11,17 persen)," kata Saki.

Meski begitu, ada juga layanan telekomunikasi yang mengalami penurunan. Telkomsel mencatat, trafik layanan SMS tercatat turun 10,40 persen dan layanan suara turun sekira 18,52 persen dibandingkan hari biasa.

Wilayah dengan Pertumbuhan Trafik Tertinggi

Data Telkomsel menunjukkan 5 wilayah kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi.

3 dari 4 halaman

5 Wilayah dengan Pertumbuhan Trafik Tertinggi

Adapun kelima wilayah tersebut adalah Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 57,42 persen.

Lalu, Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) dengan trafik yang naik sekira 55,25 persen.

Selanjutnya, kenaikan trafik juga terjadi di Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) sebesar 54,48 persen.

Begitu juga dengan trafik di Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) naik 47,11 persen, dan Kabupaten Cirebon (Provinsi Jawa Barat) naik 34,49 persen.

 

4 dari 4 halaman

Pergerakan Pelanggan Telkomsel yang Signifikan

Arus mudik yang tahun ini naik 56 persen juga berdampak pada terjadinya pergerakan pelanggan Telkomsel yang signifikan.

Dalam hal ini, data Telkomsel menunjukkan Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cilacap menjadi 5 wilayah destinasi tujuan mudik dengan pergerakan pelanggan Telkomsel paling signifikan.

Untuk memastikan pelanggan mendapat layanan prima, Telkomsel melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, dan memutakhirkan teknologi jaringan di 444 POI atau titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.