Sukses

Pemanasan Global Picu Lebih dari Setengah Populasi Dunia Berisiko Terkena Malaria dan Demam Berdarah

Para ahli memperingatkan bahwa wabah penyakit yang ditularkan nyamuk bisa saja terjadi di daerah-daerah yang sistem kesehatan masyarakatnya belum siap.

Liputan6.com, Inggris - Para ilmuwan memperingatkan bahwa dari setengah populasi di dunia bisa berisiko terkena penyakit yang ditularkan oleh nyamuk seperti malaria dan demam berdarah pada akhir abad ini.

Para ahli mengatakan wabah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk ini, yang didorong oleh pemanasan global, diprediksi akan menyebar ke bagian-bagian Eropa utara dan wilayah lain di dunia dalam beberapa dekade mendatang, seperti dikutip dari The Independent, Selasa (30/4/2024).

Di Inggris, data yang dirilis oleh UK Health Security Agent (UKHSA) menunjukkan bahwa tahun lalu terdapat kasus malaria melebihi 2.000 untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun.

UKHSA menyatakan ada 2.004 kasus malaria yang dikonfirmasi di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara pada tahun 2023 setelah musim liburan ke luar negeri, dibandingkan dengan 1.369 pada tahun 2022. 

Menurut UKHSA, kenaikan tersebut berkaitan dengan kebangkitan malaria di banyak negara dan peningkatan perjalanan ke luar negeri setelah pembatasan pandemi dicabut.

Sementara secara global, jumlah kasus demam berdarah yang dilaporkan kepada WHO telah meningkat delapan kali lipat dalam dua dekade terakhir, dari 500.000 pada tahun 2000 menjadi lebih dari lima juta pada tahun 2019.

Di Eropa, nyamuk yang membawa virus demam berdarah telah menyerang 13 negara di Eropa sejak tahun 2000, dengan penyebaran lokal penyakit tersebut yang terlihat di Prancis, Italia, dan Spanyol pada tahun 2023.

Para peneliti mengatakan bahwa sampai baru-baru ini, kasus demam berdarah sebagian hanya terjadi di daerah tropis dan subtropis karena daerah dingin dengan suhu beku dapat membunuh larva dan telur nyamuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipicu Pemanasan Global

Seorang profesor di Catalan Institution for Research and Advanced Studies di Spanyol, Rachel Lowe, mengatakan, “Pemanasan global akibat perubahan iklim berarti bahwa vektor penyakit yang membawa dan menyebarkan malaria dan demam berdarah dapat berada di tempat tinggal di berbagai wilayah, dengan wabah terjadi di daerah di mana orang cenderung belum memiliki kekebalan imun dan sistem kesehatan masyarakat yang tidak siap.”

Ia kembali mengatakan, “Kenyataan yang ada adalah bahwa musim panas yang lebih panjang akan memperluas jendela musiman untuk penyebaran penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dan mendukung peningkatan wabah yang akan semakin kompleks untuk ditangani.”

Para peneliti mengungkapkan bahwa jika pemanasan global dapat dibatasi hingga 1 derajat Celcius, jumlah populasi yang berisiko terkena malaria dan demam berdarah dapat meningkat sebesar 2,4 miliar tambahan orang pada tahun 2100, dibandingkan dengan periode 1970 hingga 1999.

Namun, mereka memperkirakan bahwa jika lintasan emisi karbon dan pertumbuhan populasi saat ini terus berlanjut, 4,7 miliar orang juga dapat terkena malaria dan demam berdarah pada akhir abad ini.

3 dari 4 halaman

Wabah Ini Harus Diantisipasi

Profesor Lowe mengatakan, “Dengan perubahan iklim yang tampak begitu sulit untuk ditangani, kita harus bersiap untuk melihat lebih banyak kasus dan kemungkinan kematian akibat penyakit seperti demam berdarah dan malaria di daratan Eropa.”

“Kita harus mengantisipasi wabah dan segera bergerak untuk melakukan intervensi awal untuk mencegah penyakit terjadi,” tambahnya.

Para peneliti kini sedang mengembangkan cara untuk memprediksi kapan dan di mana wabah mungkin terjadi dengan menggunakan survei penyakit dan data perubahan iklim.

Lowe mengatakan, “Dengan menganalisis pola cuaca, menemukan lokasi berkembang biak nyamuk dengan menggunakan drone, dan mengumpulkan informasi dari masyarakat lokal dan pejabat kesehatan, kami berharap dapat memberi waktu kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri dan melindungi diri.”

“Tetapi pada akhirnya, cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit ini menyebar ke daerah baru adalah dengan mengurangi emisi secara dramatis,” tambahnya.

Temuan ini ditampilkan dalam Kongres Global ESCMID di Barcelona, Spanyol.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Gigitan Nyamuk

Menggunakan penolak serangga yang tepat dan menerapkan tindakan pencegahan lainnya dapat mencegah nyamuk, kutu, dan serangga penggigit lainnya agar tidak mengganggu.

Berikut adalah tips untuk tindakan pencegahan lain terhadap nyamuk yang dapat diambil, seperti dirangkum dari epa.gov, Senin (29/4);

Cara menghilangkan habitat nyamuk:

  • Hilangkan air yang menggenang di saluran air hujan, ban bekas, ember, penutup plastik, mainan, atau wadah lain di mana nyamuk dapat berkembang biak.
  • Kosongkan dan ganti air di bak mandi burung, air mancur, kolam renang anak-anak, tong hujan, dan nampan tanaman pot setidaknya sekali seminggu untuk menghancurkan habitat nyamuk.
  • Buang atau isi kolam air sementara dengan tanah.
  • Pastikan air kolam renang terawat dan beredar.

Gunakan pestisida yang tepat:

  • Kendalikan jentik-jentik nyamuk dengan metode yang sesuai untuk habitatnya.
  • Kendalikan nyamuk dewasa menggunakan insektisida.

Tutup beberapa bagian rumah:

  • Tutup semua celah di dinding, pintu, dan jendela untuk mencegah nyamuk masuk.
  • Pastikan layar jendela dan pintu berfungsi dengan baik.
  • Tutupi sepenuhnya gendongan bayi dan tempat tidur dengan jaring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini