Sukses

Lampung Rawan Kasus Kekerasan Seksual di Tingkat Nasional, Anggota DPR Komisi 3 Beri Atensi Khusus

Angka kekerasan seksual di Lampung disebut cukup tinggi di tingkat nasional. Taufik Basari, Anggota DPR RI Komisi 3 pun memberikan atensi khusus untuk Polda Lampung supaya bisa menyelesaikan beberapa kasus yang mangkrak.

Liputan6.com, Lampung - Tingginya kasus kekerasan seksual yang terjadi di Provinsi Lampung menjadi atensi khusus oleh Anggota DPR RI Komisi 3, Taufik Basari. Hal itu disampaikan Taufik usai kunjungan kerja reses Komisi 3 DPR RI di Lampung, Senin (29/4/2024). Taufik mengatakan, Provinsi Lampung adalah daerah yang menjadi perhatian nasional karena angka kasus kekerasan seksual cukup tinggi terjadi. 

"Karena Lampung adalah salah satu daerah yang menjadi perhatian nasional terkait dengan tingginya angka kekerasan seksual dan termasuk juga beratnya kekerasan seksual terjadi," kata Taufik, Senin (29/4/2024).

Dengan maraknya angka kekerasan seksual yang terjadi, Taufik menyampaikan, sudah seharusnya menjadi perhatian bagi stakeholder terkait khususnya pihak kepolisian daerah (Polda) Lampung. Dia menjelaskan, banyak kasus kekerasan seksual di Lampung yang menarik perhatian di tingkat nasional. Seperti kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh 10 remaja terhadap seorang anak di bawah umur di Kabupaten Lampung Utara. 

"Kita juga memberikan atensi terhadap kasus kekerasan seksual yang terjadi di Lampung Utara," tegas Taufik. 

Dia menegaskan, mendorong Polda Lampung untuk menyelesaikan kasus kekerasan seksual tersebut secara tegas, sehingga pelaku kejahatan bisa jera dan angka tindak pidananya menurun. "Kita mendorong agar pihak Polda Lampung supaya bisa mengusutnya untuk bisa menuntaskan kasus kekerasan seksual ini dan kasus kekerasan seksual lainnya yang banyak terjadi di Lampung ini," terangnya. 

Selain penindakan, kata dia, polisi juga diharapkan bisa melakukan upaya pencegahan terhadap kasus kekerasan seksual ini. "Yang kita harapkan tidak hanya penindakan saja yang dilakukan, tapi juga bisa dilakukan pencegahan terhadap kasus kekerasan seksual yang terjadi di Provinsi Lampung ini," pintanya.

Kemudian, Taufik juga memberikan apresiasi terhadap kinerja Polda Lampung beberapa bulan terakhir. Beberapa upaya pencegahan tindak pidana pun dirasa berhasil,terlihat dengan menurunnya angka kriminalitas di Lampung. "Kita juga mengapresiasi upaya Polda Lampung untuk menanggulangi kejahatan dengan melakukan pencegahan pencegahan. Karena berdampak terhadap turunnya kasus kejahatan di Lampung," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.