Sukses

Pengakuan Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia U-23 Digilas Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengaku ada hal yang dia sayangkan dari pertandingan semifinal Piala Asia U-23. Walau begitu, dia tak menampik Timnas Uzbekistan U-23 memang bermain bagus, sehingga mampu mengalahkan anak-anak asuhnya dengan 0-2 pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong angkat bicara menanggapi kekalahan anak-anak asuhnya dari Uzbekistan dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin (29/4/2024) malam WIB.

Juru taktik asal Korea Selatan mengaku ada hal yang dia sayangkan dari pertandingan, tetapi tak menampik Timnas Uzbekistan U-23 memang bermain bagus, sehingga mampu mengalahkan anak-anak asuhnya dalam duel perebutan tiket partai puncak.

Sekadar informasi, pasukan Garuda Muda sebelumnya lolos mengesankan ke semifinal usai terlibat pertarungan panjang yang diakhiri drama adu penalti dengan Korea Selatan di fase 8 besar. Sayangnya, kesuksesan tersebut gagal diteruskan kala Timnas Indonesia U-23 berjumpa Uzbekistan.

Pasukan Garuda Muda, yang berambisi mengamankan tiket langsung ke Olimpiade 2024 Paris, terus menerima gempuran dari Uzbekistan. Hal itu membuat mereka kesulitan menunjukkan performa terbaik.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong hanya mampu memaksakan skor 0-0 bertahan saat turun minum. Indonesia nyaris membuka keunggulan lewat aksi Muhammad Ferarri yang memanfaatkan kemelut dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, tetapi gol itu dianulir wasit pada menit 63.

Uzbekistan pun membelas dengan tampil tak terbendung setelahnya. Mereka berbalik mencetak gol pembuka lewat Khusayin Norchaev di menit 68. Timnas Indonesia U-23 yang berada di posisi tertinggal justru tertimpa nestapa makin besar memasuki 10 menit akhir waktu normal.

Kapten Rizky Ridho mendapat kartu merah di menit 84, disusul bek Pratama Arhan yang membuat gol bunuh diri 2 menit berselang. Laga berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan Uzbekistan, sehingga Indonesia harus berebut tiket Olimpiade lewat duel penentuan juara 3 Piala Asia U-23 2024 kontra Irak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Shin Tae-yong Selepas Laga

Shin Tae-yong yang gagal mengantar anak-anak asuhnya tembus ke partai puncak pun angkat bicara selepas pertandingan. Dia mengapresiasi usaha para pemain, meski mengaku masih ada hal yang dia sayangkan dari laga kontra Uzbekistan.

"Saya mengapresiasi usaha yang dilakukan skuad, para pemain kami. Saya juga menilai Uzbekistan memang bermain dengan baik," ucap Shin Tae-yong dalam pernyataannya selepas duel, Senin (29/4/2024) malam WIB.

"Ada beberapa hal yang masih saya sayangkan (dari pertandingan), tetapi saya tidak ingin mengungkapkannya. Intinya, Uzbekistan adalah tim kuat. Selamat untuk Uzbekistan."

"Kami pun masih punya kesempatan untuk lolos ke Olimpiade. Jadi kami akan mempersiapkan diri dengan baik agar bisa tembus ke Olimpiade," sambung juru taktik asal Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-23 Gugup

Sementara itu terkait performa timnya, Shin Tae-yong juga tak menyangkal klaim yang menilai Garuda Muda gagal menunjukkan performa maksimal sejak menit awal.

Menurutnya, kondisi ini disebabkan oleh perasaan gugup yang dialami para pemain Timnas Indonesia U-23 usai mencetak sejarah dengan mencapai babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

"Saya pikir dari sebelum kami memulai pertandingan, para pemain sedikit gugup. Jadi itu mungkin memengaruhi tim kami," aku Shin Tae-yong.

"Mereka tidak bisa bermain dengan begitu bagus. Itulah alasan kami juga tidak bisa bermain sebagus seperti sebelumnya," tandas pelatih Timnas Indonesia U-23.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.