Sukses

Sambut Bulan Syawal, Warga Jombang Pesta Balon Ketupat

Tradisi pesta balon ketupat merupakan tradisi turun-temurun yang digelar warga di Jombang, Jawa Timur setiap hari raya ketupat.

Liputan6.com, Jombang - Pesta balon ketupat adalah tradisi turun-temurun yang digelar warga di Jombang, Jawa Timur setiap perayaan Lebaran Ketupat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (24/7/2015), warga Dusun Bandung Krajan, Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Jombang ini beramai-ramai berusaha menerbangkan balon yang terbuat dari bahan kertas.

Mereka memanfaatkan asap dari dedaunan kering untuk menerbangkan balon-balon raksasa tersebut. Setelah beberapa saat akhirnya balon pun terbang ke angkasa.

Tradisi menerbangkan balon raksasa sudah menjadi kebiasaan turun-temurun setiap hari raya ketupat. Balon diterbangkan sebagai ungkapan syukur di bulan Syawal tradisi ini juga dilakukan untuk melepas kesalahan.

Saat semua balon berhasil diterbangkan, warga begitu gembira dan berharap tahun depan bisa kembali menerbangkan balon-balon ke udara. (Mar/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini