Sukses

Meta Dituding Lakukan Monopoli Setelah Akuisisi Instagram dan WhatsApp

Perusahaan induk Instagram dan WhatsApp, Meta, kini menghadapi gugatan dari Federal Trade Commission (FTC) karena dituduh melakukan praktik monopoli dan anti-persaingan.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan induk Instagram dan WhatsApp, Meta kini tengah berurusan dengan hukum di AS.

Pasalnya, Federal Trade Commission (FTC) menuduh perusahaan telah melakukan praktik monopoli setelah mengakuisisi kedua aplikasi itu.

Dikutip dari Android Headlines, Senin (8/4/2024), FTC menggugat perusahaan tersebut telah menciptakan ekosistem antipersaingan dan menciptakan monopoli.

Mendengar hal tersebut, Meta tak tinggal diam dan meminta Pengadilan Federal di AS untuk membatalkan gugatan antitrust dari FTC.

Meta mengklaim, "Akuisisi Instagram dan WhatsApp menguntungkan konsumen." Perusahaan telah mengonfirmasi bahwa mereka telah mengajukan mosi untuk keputusan ringkasan dalam gugatannya terhadap FTC AS.

Meta pada dasarnya meminta pengadilan negeri AS untuk membatalkan kasus tersebut karena FTC dianggap gagal memberikan bukti untuk mendukung klaimnya.

Ada dua aspek yang Meta minta agar mempertimbangkan gugatan tersebut. Perusahaan yakin FTC tidak akan dapat membuktikan kalau Meta melakukan praktik monopoli setelah mengakuisisi Instagram dan WhatsApp.

Sebaliknya, “Meta menghadapi persaingan ketat dari berbagai platform – mulai dari TikTok dan X hingga YouTube dan Snapchat,” keluh perusahaan tersebut.

Aspek kedua adalah Meta menegaskan bahwa mengakuisisi Instagram dan WhatsApp tidak merugikan pasar atau berdampak buruk pada konsumen.

Perusahaan juga menekankan bahwa mereka telah mengembangkan dan mengelola plaform media sosial tersebut dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meta Menganggap Tindakannya Tidak Memonopoli Pasar

Laporan dari Android Headlines juga menyebutkan bahwa Meta menghabiskan hingga miliaran dolar dan menginvestasikan banyak waktu untuk membuat aplikasi tersebut memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengguna.

Meta menegaskan FTC tidak memiliki bukti yang membuktikan bahwa tindakan perusahaan tersebut bersifat memonopoli pasar.

Dengan kata lain, Meta menyiratkan bahwa tindakannya tidak merugikan persaingan dan tidak berdampak negatif terhadap pengguna.

Penting untuk dicatat bahwa pada tahun 2021, Hakim Pengadilan Distrik DC James Boasberg telah menerima mosi Meta untuk menolak keluhan FTC.

Namun, hakim memberi kesempatan kepada FTC untuk mengajukan amandemen, yang kemudian mengizinkan untuk melanjutkan gugatan.

Pengaduan yang diubah oleh FTC kali ini jauh lebih substansial dan rinci dibandingkan dengan pengaduan sebelumnya.

Kendati demikian, Meta menganggap gugatan terbaru dari FTC masih "berpikiran sempit."

Pasalnya, FTC telah mengecualikan platform seperti TikTok dan YouTube. Sebaliknya, dalam keluhannya, agensi tersebut hanya menyertakan Facebook, Instagram, Snapchat, dan MeWe, klaim Meta.

3 dari 4 halaman

Uni Eropa Selidiki Dugaan Monopoli Apple, Meta

Selain dari AS, Meta bersama perusahaan teknologi raksasa seperti Apple dan Alphabet juga tengah diselidiki oleh Uni Eropa atas tindakan antipersaingan.

Perusahaan-perusahaan ini disinyalir melanggar aturan Digital Markets Act (DMA), yang diperkenalkan oleh Uni eropa pada 2022. Jika terbukti melanggar, perusahaan-perusahaan tersebut dapat menghadapi denda besar hingga 10 persen dari pendapatan tahunan mereka.

Mengutip BBC, Margrethe Vestager, komisioner antimonopoli Uni Eropa, dan Thierry Breton, pemimpin industri ini, mengumumkan penyelidikan tersebut pada hari Senin.

DMA memberlakukan persyaratan hanya pada enam perusahaan, tetapi mereka termasuk yang terbesar di dunia: Alphabet, Apple, Meta, Amazon, Microsoft, dan ByteDance.

Tidak satu pun dari perusahaan-perusahaan tersebut yang benar-benar berbasis di Eropa. Lima di antaranya berkantor pusat di Amerika Serikat (AS), sementara ByteDance berkantor pusat di Cina.

Tiga di antaranya kini menghadapi pertanyaan kurang dari dua minggu setelah menyampaikan laporan kepatuhan yang dibuat dengan baik.

Hal ini terjadi tiga minggu setelah Uni Eropa mendenda Apple sebesar €1,8 miliar (£1,5 miliar) karena melanggar peraturan persaingan usaha terkait streaming musik.

4 dari 4 halaman

Tuduhan yang Dilayangkan oleh Uni Eropa

Dalam rilisnya, Uni Eropa menyatakan bahwa mereka akan menyelidiki empat jenis ketidakpatuhan utama:

  1. Apple dan Alphabet tidak mengizinkan aplikasi untuk berkomunikasi secara bebas dengan pengguna dan membuat kontrak dengan mereka.
  2. Apple tidak memberikan pilihan yang cukup kepada pengguna.
  3. Meta menagih biaya secara tidak adil kepada pengguna agar data mereka tidak digunakan untuk iklan.
  4. Google lebih memilih barang dan layanannya sendiri dalam hasil pencarian.

Dua investigasi pertama dari penyelidikan ini mencakup "anti-pengarahan," dan UE mengklaim bahwa perusahaan-perusahaan tersebut mempersulit aplikasi untuk memberi tahu pelanggan tentang cara-cara untuk membayar lebih murah untuk layanan mereka selain melalui opsi pembayaran di toko aplikasi itu sendiri.

Di bawah poin ketiga, Uni Eropa menyatakan bahwa Apple harus mengizinkan pelanggan untuk dengan mudah menghapus aplikasi dari perangkat mereka, mengubah pengaturan default, dan menawarkan "layar pilihan" untuk memungkinkan mereka menggunakan peramban atau mesin pencari yang berbeda.

Uni Eropa mengklaim bahwa "layar pilihan" peramban web Apple tidak menyediakan cukup banyak pilihan, dan beberapa aplikasi, seperti Apple Photos, tidak dapat dihapus sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.