Sukses

Top 3 Tekno: 380 Ribu Data Pengguna Biznet Diduga Bocor Jadi Sorotan

Pakar keamanan siber Teguh Aprianto melalui akun Twitter-nya @secgron menginformasikan dugaan kebocoran 380 ribu data pengguna Biznet.

Liputan6.com, Jakarta - Pakar keamanan siber Teguh Aprianto melalui akun Twitter-nya @secgron menginformasikan dugaan kebocoran 380 ribu data pengguna Biznet.

Berita ini menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (10/3/2024) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari Apple yang dikabarkan akan menggarap sejumlah perangkat smartphone dan tablet dilipat, salah satunya iPhone lipat.

1. 380 Ribu Data Pengguna Biznet Diduga Bocor di Dark Web, Pelaku Disebut Karyawan

Sebanyak 380 ribu data pengguna Biznet diduga sudah bocor di dark web. Data yang bocor tersebut berupa nama, email, NIK, NPWP, nomor HP, alamat, dan lain-lain.

Informasi ini diungkap oleh pakar keamanan siber Teguh Aprianto melalui akun Twitter-nya @secgron pada Minggu, 10 Maret 2024.

Menurut cuitan tersebut, data bocor milik 380 ribu pengguna Biznet itu dibocorkan oleh aktor ancaman yang mengaku sebagai karyawan Biznet.

Karyawan ini disebut-sebut tak setuju dengan kebijakan FUP alias fair usage policy atau batas pemakaian normal yang diterapkan oleh Biznet.

Dalam cuitan itu, Teguh menampilkan gambar screen capture sampel data-data diduga milik pengguna Biznet yang dibocorkan.

Dari gambar itu terlihat, data pelanggan Biznet yang dibocorkan mulai dari ID Biznet, nama depan dan nama belakang, kenis kelamin, tanggal lahir, kebangsaan, NIK, email, hingga nomor telepon.

Teguh dalam cuitannya juga mengatakan, pelaku kebocoran data memberikan ancaman kepada manajemen Biznet melalui pesan yang dikirimkan.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Apple Disebut Mau Rilis iPhone Lipat Tahun 2026, Desain Lebih Tipis dan Ringan

Apple dikabarkan akan menggarap sejumlah perangkat smartphone dan tablet yang bisa dilipat. Kabarnya saat ini perangkat tersebut masih dalam tahap pengerjaan.

Sebelumnya, beberapa sumber seperti dikutip gadgets360, Minggu (10/3/2024), mengklaim bahwa produk foldable pertama Apple adalah MacBook, yang akan diproduksi masal pada tahun 2027.

Terbaru, seorang leaker mengatakan bahwa Apple akan berencana merilis iPhone lipat di tahun 2026.

Menurut leaker bernama Revegnus, iPhone foldable akan menjadi produk Apple yang dapat dilipat, dengan menargetkan perilisan produk tersebut di pada 2026.

Informasi baru ini bertentangan dengan laporan bulan lalu yang mengklaim perusahaan telah menghentikan pengembangan ponsel lipat dikarenakan masalah layar.

Laporan tersebut diduga mengutip dari seorang pejabat senior Apple, yang menjelaskan rencana pembesut Apple itu membuat ponsel layar lipat alias iPhone foldable.

"Apple telah memutuskan untuk merilis iPhone yang dapat dilipat pada tahun 2026, lebih lambat dari perkiraan," ucapnya.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Apple Bakal Garap MacBook Layar Lipat, Bukan iPhone atau iPad

Rumor seputar perangkat layar lipat dari Apple memang sudah santer terdengar sejak beberapa bulan terakhir. Kabarnya, perusahaan akan memperkenalkan teknologi layar lipat di iPhone atau iPad.

Namun dari laporan terkini analis Ming-Chi Kuo, perangkat layar lipat yang paling mungkin hadir dari Apple saat ini adalah MacBook. Analisis ini diungkap oleh Ming-Chi Kuo melalui cuitan di akun X miliknya.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Minggu (10/3/2024), dalam cuitannya, ia menyebut kalau satu-satunya perangkat layar lipat yang memiliki jadwal pengembangan paling jelas dari Apple adalah MacBook.

Disebutkan, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu tidak akan memproduksi massal iPhone atau iPad layar lipat dalam waktu dekat, setidaknya di 2025 atau 2026.

Terkait MacBook layar lipat ini, Ming-Chi Kuo menyebut kalau perangkat itu akan memiliki bentang layar 20,3 inci. Jika benar, ini merupakan ukuran layar yang terbilang besar untuk MacBook.

Alasannya, ukuran MacBook paling besar saat ini adalah 16 inci. Selain itu, tidak dijelaskan lebih lanjut bentuk layar lipat yang akan diusung Apple di perangkat tersebut.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini