Sukses

Apple Bakal Garap MacBook Layar Lipat, Bukan iPhone atau iPad

Menurut laporan analis Ming-Chi Kuo, jadwal paling pasti soal pengembangan perangkat layar lipat dari Apple ternyata untuk MacBook.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor seputar perangkat layar lipat dari Apple memang sudah santer terdengar sejak beberapa bulan terakhir. Kabarnya, perusahaan akan memperkenalkan teknologi layar lipat di iPhone atau iPad.

Namun dari laporan terkini analis Ming-Chi Kuo, perangkat layar lipat yang paling mungkin hadir dari Apple saat ini adalah MacBook. Analisis ini diungkap oleh Ming-Chi Kuo melalui cuitan di akun X miliknya.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Minggu (10/3/2024), dalam cuitannya, ia menyebut kalau satu-satunya perangkat layar lipat yang memiliki jadwal pengembangan paling jelas dari Apple adalah MacBook.

Disebutkan, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu tidak akan memproduksi massal iPhone atau iPad layar lipat dalam waktu dekat, setidaknya di 2025 atau 2026.

Terkait MacBook layar lipat ini, Ming-Chi Kuo menyebut kalau perangkat itu akan memiliki bentang layar 20,3 inci. Jika benar, ini merupakan ukuran layar yang terbilang besar untuk MacBook.

Alasannya, ukuran MacBook paling besar saat ini adalah 16 inci. Selain itu, tidak dijelaskan lebih lanjut bentuk layar lipat yang akan diusung Apple di perangkat tersebut.

Meski informasi soal perangkat ini belum banyak diungkap, laporan menyebut Apple akan mulai memproduksi perangkat tersebut secara massal pada 2027.

Sebelum laporan ini muncul, Apple dikabarkan akan meluncurkan HP layar lipat besutannya pada 2026 atau 2027. Informasi ini diungkap oleh sumber anonim di Korea Selatan.

Disebutkan, HP Apple itu akan memiliki layar utama berukuran 7 atau 8 inci. Berdasarkan ukuran tersebut, perangkat itu berpotensi menjadi pengganti lini iPad mini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Siapkan HP Layar Lipat Pertama untuk Rilis Tahun 2026 atau 2027, Bakal Gantikan iPad Mini?

Sayangnya, spesifikasi dan bentuk HP baru Apple tersebut belum diungkap. Rumor beredar, baik Samsung Display dan LG Display telah memberikan sampel panel layar lipat dalam ukuran 6 inci dan 7 inci.

Bila memang Apple memutuskan untuk memperkenalkan ponsel layar lipat, kemungkinan perusahaan akan menggunakan panel dari Samsung Display.

Hal ini berdasarkan pengalaman Samsung Display menjadi pemasok utama ponsel layar lipat Samsung, seperti Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold.

Dengan ini, tidak menutup kemungkinan perusahaan bentukan Steve Jobs tersebut akan memperluas lini produk layar lipatnya bila ponsel mereka ini sukses di pasaran.

Karena itu, jangan terkejut bila pada tahun 2028 nanti Apple akan meluncurkan produk layar lipat berukuran 20.25 inci di pasaran. 

3 dari 4 halaman

Tim Cook Beri Tanda Apple Bakal Hadirkan Kemampuan AI Generatif di iPhone 16

Di sisi lain, Apple dikabarkan akan mulai menerapkan teknologi AI generatif untuk seri iPhone terbaru. Hal itu diungkapkan CEO Apple Tim Cook pada pertemuan dengan investor usai laporan keuangan tahunan perusahaan.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Sabtu (3/2/2024), dalam pertemuan tersebut, Tim Cook menyebut ia akan membahas soal AI generatif pada akhir tahun ini.

Kuat dugaan, penerapan AI generatif ini akan mulai diterapkan pada iPhone 16.

Untuk itu, ada kemungkinan Apple akan lebih banyak membahas soal teknologi ini pada gelaran WWDC pertengahan 2024, sebelum perusahaan resmi mengumumkan lini iPhone 16 yang biasa digelar pada September.

4 dari 4 halaman

AI Generatif di iOS 18

kehadiran AI generatif di iPhone 16 juga diperkuat dengan bocoran soal iOS 18. Seperti diketahui, saat diperkenalkan nanti, iPhone 16 besar kemungkinan akan langsung menjalankan iOS tersebut.

Nah, bocoran dari jurnalis Bloomberg Mark Gurman menyebut kalau iOS 18 akan membawa sejumlah perubahan besar pada sistem operasi tersebut. Salah satunya adalah peningkatan kemampuan di Siri.

Dikabarkan, Apple akan membawa kemampuan AI generatif ke iOS dengan memanfaatkan LLM (Large Language Model) besutan sendiri.

Dukungan AI generatif ini disebut akan meningkatkan kemampuan Siri dan beberapa aplikasi lain, seperti Messages, Apple Music, Pages, Keynote, hingga Shortcuts.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.