Sukses

Pesawat Japan Airlines Terbakar di Bandara Haneda Usai Tabrakan, Warganet: Ya Allah Merinding!

Pesawat Japan Airlines terbakar di Bandara Haneda setelah bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai. Lihat video kejadian mengerikan tersebut dan reaksi warganet yang merinding.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah insiden tabrakan melibatkan pesawat Japan Airlines (JAL) dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang telah terjadi di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang, pada Selasa, 2 Januari 2024.

Dari berbagai video kejadian pesawat Japan Airlines tabrakan tersebut di media sosial X, terlihat jelas bagaimana pesawat Airbus A350 JAL itu secara bertahap ditelan oleh api dahsyat.

Mengutip laporan NHK via kanal Global Liputan6.com, Selasa (3/1/2024), tabrakan itu terjadi setelah pesawat JAL mendarat di landasan pacu C.

Pesawat penjaga pantai membawa enam orang, di mana lima anggota dikabarkan tewas. Sedangkan satunya menyelamatkan diri.

JAL menyebutkan, 367 penumpang dan 12 awak berada di dalam pesawat Airbus A350 dapat dievakuasi dengan selamat tanpa cedera.

Video rekaman pesawat JAL dilalap api membuat banyak warganet bergidik, dan bersyukur saat mendengar kabar 367 penumpang dan 12 awak selamat tanpa cedera.

Berikut adalah berapa cuitan warganet terkait pesawat Japan Airlines terbakar di Bandara Haneda, sebagaimana dirangkum dari platform X.

"Ya Allah merinding😭 alhamdulillah🙏," cuitan @d**** di media sosial X Twitter.

Akun @o**** X Twitter mencuitkan, "Kuncinya selain krn mukjizat, org jepang taat prosedur, gak panik, dan sering ikut latihan mitigasi bencana. Jadi tau mau ngapain kalau ada kecelakaan / bencana. Beda ama org konoha yg pasti heboh duluan & panik lari²."

"Astaghfirullah, innalillahi wa innaa ilaihi rooji'un 😭😭😭. awal tahun banyak kali musibahnya ya allah," kata @n**** di Twitter.

"Ya Allah Alhamdulillah merinding bgt," ujar @1****.

"Alhamdulillah tapi masih ga percaya gaada korban 😭😭 emang kalo belom kehendak tuhan tu gaakan terjadi," cuit @I**** di medsos milik Elon Musk.

Akun @s**** menulis, "Deep condelence for japan awal tahun gempa bumi dan kecelakaan pesawat 😢."

"Astaghfirullah ga kebayang gmn jadi penumpang dll yg kebakar di pesawat itu🥺🥺💔," kata @c****.

"Ada apa dengan jepang, kemaren gempa sekarang pesawat lagi 🥹," bunyi cuitan @U**** di X Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kronologi Pesawat Japan Airlines Terbakar di Bandara Haneda

<p>Potret penampakan penumpang Japan Airlines (JAL) lari menyelamatkan diri dari kebakaran pesawat di bandara Haneda, Tokyo, Jepang. (dok: @Aviatren)</p>

Sebuah pesawat Japan Airlines (JAL) dilalap api di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo pada Selasa, (2/1/2024) setelah terjadi tabrakan di darat.

Japan Airlines 516 berangkat dari bandara New Chitose pada pukul 16.00 waktu setempat dan dijadwalkan mendarat di Bandara Haneda pada pukul 17.40 demikian dikutip dari BBC.

Menurut penjaga pantai Jepang, salah satu pesawatnya dari pangkalan di Haneda bertabrakan dengan pesawat JAL yang tiba dari Bandara New Chitose di Hokkaido.

Pesawat penjaga pantai itu sedang dalam misi terbang ke pangkalan di Prefektur Niigata membawa perbekalan untuk membantu daerah yang terkena dampak gempa berkekuatan 7,6 magnitudo yang melanda Jepang tengah pada Senin, 1 Januari 2024, demikian mengutip Japan Times.

Dalam tayangan video NHK menunjukkan api muncul dari dekat mesin pesawat dan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

3 dari 5 halaman

70 Truk Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Sebuah pesawat Japan Airlines terbakar di landasan pacu bandara Haneda pada Selasa, 2 Januari 2024 di Tokyo, Jepang. (Screen grab video/AP)

NHK melaporkan, tabrakan itu terjadi setelah pesawat JAL mendarat di landasan pacu C. Pesawat penjaga pantai membawa enam orang. Lima orang ditemukan tetapi kondisi belum jelas. Sedangkan satunya menyelamatkan diri.

Meski sekitar 70 truk pemadam kebakaran dikerahkan,pesawat hampir seluruhnya dilalap api sekitar pukul 18.30, menurut rekaman video.

Semua landasan pacu Bandara Haneda ditutup sekitar pukul 18.00 sore waktu setempat. Penerbangan dialihkan ke bandara di seluruh negeri, termasuk Bandara Narita di Prefektur Chiba, Bandara Chubu Centrair dekat Nagoya, dan Bandara Kansai di Prefektur Osaka, menurut aplikasi Flightradar24.

JAL menyebutkan, 367 penumpang dan 12 awak berada di dalam pesawat Airbus A350. Seluruh penumpang dapat dievakuasi dengan selamat tanpa cedera.

4 dari 5 halaman

Kementerian Sedang Selidiki Insiden

<p>Pesawat Japan Airlines terlihat pada landasan di Bandara Internasional Haneda, Tokyo, Jepang, Senin (29/11/2021). Jepang melarang masuk semua warga asing terkait penyebaran varian baru virus corona COVID-19, Omicron. (AP Photo/Koji Sasahara)</p>

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata mengatakan sedang menyelidiki insiden tersebut.

"Saya belum pernah mendengar tabrakan sebesar ini di Bandara Jepang. Sistem kendali lalu lintas udara di dunia dirancang untuk mencegah kecelakaan selama pengawas lalu lintas udara di bandara mengeluarkan instruksi yang benar dan pilot mengikutinya,” ujar Analis Penerbangan, Yoshitomo Aoki.

Insiden ini terjadi pada salah satu periode perjalanan tersibuk pada 2024, dengan jutaan orang Jepang bepergian ke dan dari kampung halaman untuk liburan tahun baru.

Bandara Haneda adalah bandara tersibuk di Jepang, melayani hampir 90 juta penumpang pada 2019, sebelumnya merebaknya COVID-19. Ini adalah hub bagi Japan Airlines, All Nippon Airways, dan beberapa maskapai kecil.

5 dari 5 halaman

Pesawat Japan Airlines Terbakar di Bandara Haneda

Pesawat Japan Airlines terbakar di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang. (Screen grab video NHK)

Pesawat Japan Airlines terbakar saat mendarat di landasan pacu di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang pada Selasa, (2/1/2023).

Dikutip dari BBC, rekaman di stasiun televisi NHK menunjukkan api keluar dari jendela pesawat dan di bawahnya, demikian juga landasan pacu.

NHK melaporkan, pesawat dari Sapporo bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai. Laporan media mengutip pernyataan maskapai menyebutkan, seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 379 orang telah dievakuasi. “Kami saat ini menilai tingkat kerusakannya,” ujar maskapai, menurut laporan NHK.

Pesawat Japan Airlines 516 berangkat dari bandara New Chitose pada pukul 16.00 waktu setempat (07.00 GMT) dan dijadwalkan mendarat di Bandara Haneda pada pukul 17.40.

Tayangan TV menunjukkan beberapa truk pemadam kebakaran berada di lokasi kejadian saat asap dan api mengepul dari pesawat.

Mengutip dari Japan Times, seluruh landasan pacu Bandara Haneda telah ditutup sejak sekitar jam 6 sore. Beberapa penerbangan dialihkan ke Bandara Narita di Prefektur Chiba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.