Sukses

Apple Bakal Tingkatkan Spesifikasi Sekaligus Perbarui Desain iPad, iPad Air, dan iPad Mini

Apple mengumumkan peningkatan spesifikasi untuk model dasar iPad, iPad Air, iPad Mini, beserta perubahan desain.

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengumumkan peningkatan spesifikasi untuk model dasar iPad, iPad Air, iPad Mini. Diberitakan 9to5Mac, Rabu (18/10/2023), pembaruan ini kemungkinan besar akan mencakup pembaruan spesifikasi yang lebih kecil daripada perubahan desain yang signifikan.

Penyegaran bulan Oktober ini akan memperbarui tablet dengan chip Apple Silicon generasi baru. Rencananya, informasi tersebut akan diumumkan melalui siaran pers.

iPad Air generasi saat ini dirilis pada 2022, menggunakan chip M1. Dan laporan Supercharged memperkirakan, iPad Air selanjutnya akan disandingkan dengan chip M2.

iPad Mini baru dilaporkan akan menggunakan chip A16 Bionic, yang menawarkan sedikit peningkatan dibandingkan chip A15 Bionic saat ini. 

Sebuah laporan dari awal pekan ini juga menyatakan bahwa iPad Mini baru akan menampilkan pengontrol tampilan baru untuk mengurangi dampak masalah jelly scrolling yang terlihat pada iPad mini generasi saat ini saat menggulir konten.

Model dasar iPad terakhir diperbarui satu tahun lalu, menjadikannya yang terbaru di jajarannya. Model generasi kesepuluh menghadirkan desain bezel tipis baru, warna baru, dan tombol samping Touch ID. 

Saat ini model dasar iPad ditenagai chip A14 Bionic. Tidak jelas apa yang akan digunakan oleh model generasi kesebelas yang akan datang, tetapi jika iPad mini mendapatkan A16, kemungkinan besar model dasar iPad juga akan menggunakan A16.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Bersiap Luncurkan iPad Mini Gen 7, Bakal Rilis pada Akhir 2023

Di samping itu, Apple dirumorkan sedang bersiap merilis iPad Mini Gen 7 sebelum akhir tahun ini. Informasi ini diketahui berdasarkan laporan terbaru dari DigiTimes.

Mengutip Mac Rumors, Sabtu (30/9/2023), laporan itu memperkirakan ada peningkatan pangsa pasar Apple berkat kehadiran iPad ukuran kecil di kuartal keempat, meski saat ini ada stagnansi. Adapun perangkat yang dimaksud kemungkinan adalah iPad Mini Gen 7.

Pada Agustus 2023, pembocor lain yang dikenal sebagai ShrimpApplePro juga menyatakan, iPad Mini Gen 7 sedang dalam proses pengerjaan. Dijelaskan, mereka telah melihat bukti, kalau setidaknya ada satu model iPad baru yang akan hadir tahun ini.

Kendati demikian, analis Apple Ming-Chi Kuo sempat mengatakan, kalau iPad Mini Gen 7 kemungkinan besar akan mulai diproduksi secara massal pada kuartal pertama 2024. Ia pun memprediksi tidak ada model iPad baru yang rilis di tahun ini. 

3 dari 4 halaman

iPad Mini 7 Tak Akan Dibekali Fitur ProMotion Apple

Rumor Apple akan segera meluncurkan iPad Mini Gen 7 semakin menguat. Akan tetapi, seorang pembocor dari rantai pasokan produksi Apple mengatakan, produk ini tak akan menggunakan layar 120 Hz ProMotion.

Rumor ini datang dari MacRumors, Jumat (13/10/2023). Menurut akun Twitter @Tech_Reve, iPad Mini 7 tidak akan memiliki layar 120 Hz dan hanya mendapatkan peningkatan dalam prosesor seri A yang digunakan.

Rumor Apple akan mengadopsi fitur ProMotion di generasi iPad Mini generasi baru ini mencuat setelah timbul masalah bernama "jelly scrollong", sesaat setelah iPad mini 6 dirilis pada September 2021.

“Jelly Scrolling” sendiri mengacu pada tampilan teks atau gambar di layar tampak miring ke bawah karena kecepatan refresh tidak sesuai, dan mengganggu bagi beberapa pengguna yang merasakannya.

Apple mengatakan, fenomena ini normal terjadi pada layar LCD iPad. Berhubungan layar LCD refresh per baris, maka wajar bila ada jeda di antara garis di atas dengan di bawah saat refresh.

 

4 dari 4 halaman

Rumor Soal iPad Lainnya Besutan Apple

Selain itu, belum lama ini Apple nyatakan kerja sama dengan pengembang game untuk menghadirkan pengalaman game konsol iPhone 15 Pro ke perangkat iPad dan Mac, menurut pernyataan eksekutif Apple dalam sebuah wawancara dengan IGN.

Saat mengumumkan iPhone 15 Pro, Apple menyoroti kemampuan GPU baru dari chip A17 Pro yang mendukung hardware-accelerated ray tracing, memungkinkan game konsol seperti Resident Evil 4 dan Assassin's Creed: Mirage dimainkan di iPhone.

Dikutip dari Mac Rumors, Senin (18/9/2023), ketika ditanya tentang kompatibilitas game ini dengan iPad dan Mac berbasis Apple Silicon, Wakil Presiden Arsitektur Platform Apple, Tim Millet, mengatakan para pengembang akan berkolaborasi dengan Apple untuk menjadikannya mungkin. 

Direktur Senior Perangkat Lunak GPU Apple, Jeremy Sandmel, menambahkan, manufaktur Apple Silicon untuk iPhone, iPad, dan Mac telah membuka peluang untuk menghadirkan game dengan kualitas rendering yang sama ke berbagai platform Apple.

Ini adalah salah satu langkah penting dalam pengembangan Apple untuk menciptakan platform yang  terpadu dalam hal grafik dan game

Chip A17 Pro ini juga memungkinkan penggunaan game yang sama dengan kualitas 'rata kanan' pada iPhone, iPad, dan Mac.

Pengembangan ini juga menyoroti kemungkinan generasi berikutnya dari perangkat iPad dan Mac yang akan didukung oleh chip M3 yang lebih canggih. Hal ini akan memungkinkan pengalaman gaming yang semakin mirip dengan konsol dan PC gaming.

Dengan dukungan dari chip A17 Pro yang canggih dan upaya kolaboratif dengan pembuat game, Apple berupaya membuat smartphone mereka sebagai platform gaming yang lebih menarik, serta menjadikan iPad dan Mac sebagai opsi yang lebih serius bagi para gamer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.