Sukses

Tim Esports Telkomsel Kagendra Wakili Indonesia di CODM World Championship 2023 AS

Tim esports naungan Dunia Games Telkomsel, Kagendra, akan jadi wakil Indonesia di CODM World Championship 2023 di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Esports Kagendra, bakal jadi wakil Indonesia dalam Call of Duty Mobile atau CODM World Championship 2023 di Amerika Serikat (AS) bulan Desember mendatang.

Keberhasilan ini menyusul setelah tim yang berada dalam naungan Dunia Games Telkomsel itu, menjadi juara Grup B South East Asia Garena Regional Qualifier.

Di tahap tersebut, Kagendra berhasil mengungguli Smart Omega dan WPM Lowkings dari Filipina.

Sebelumnya, Kagendra berhasil melaju ke gelaran CODM South East Asia Garena Regional Qualifier dengan gelar juara bertahan pada turnamen tingkat nasional Call of Duty Mobile Major Series Season 9.

Kagendra berhasil melalui fase kualifikasi dan memenangkan babak Playoff serta Knockout, pada gelaran Grand Final Season 9 yang berlangsung pada tanggal 10 September 2023.

Saat itu, Zen, Mecyx, Reef, Clove, Frann, dan Zeze, berhasil mengungguli ABC Esports dengan skor 4-0.

Kagendra pun mengukir sejarah baru dalam dunia esports dengan 5 kali menduduki peringkat pertama CODM Major Series, yaitu pada Season 3, 4, 7, 8, dan 9.

Keberhasilan Kagendra melaju ke turnamen yang lebih tinggi pun mendapatkan apresiasi dari Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana.

Melalui siaran pers, dikutip Minggu (8/10/2023), Nirwan mengatakan bahwa tim esportes Kagendra telah melakukan berbagai persiapan dan langkah strategis yang telah ditentukan di awal tahun ini.

"Para talenta terbaik di Kagendra telah menunjukkan kegigihan, dedikasi, dan kerja keras sebagai tim esports yang terampil dan tangguh, sehingga konsisten meraih capaian terbaik di Call of Duty Major Series," ujarnya.

Kagendra sebelumnya bernama DG Esports dan merupakan tim esports Telkomsel. Kagendra memiliki lima divisi games yaitu Arena of Valor, PUBG Mobile, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Mobile Legends: Bang-Bang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

CODM World Championship 2023 di Atlanta

Sementara itu, Call of Duty Mobile World Championship 2023 akan digelar di games expo DreamHack 2023 Atlanta, Amerika Serikat, pada tanggal 15 sampai 17 Desember 2023 mendatang.

Adapun, total hadiah (prize pool) yang ditawarkan di CODM World Championship 2023 mencapai USD 1.000.000, atau sekitar Rp 15,3 miliar.

Turnamen Call of Duty: Mobile ini akan diikuti oleh 16 tim esports CODM terbaik dari berbagai wilayah di seluruh dunia, mulai dari China, Jepang, Amerika Utara, Eropa, Brasil, dan Amerika Selatan.

Pada CODM World Championship tahun lalu, tim esports Tribe Gaming dari Amerika Serikat berhasil menjadi juara pertama, setelah mengalahkan Luminosity Gaming di babak Grand Finals dengan skor 4-3.

3 dari 4 halaman

Dua Wakil Indonesia di Garena Regional Qualifier

Garena Regional Qualifier diadakan pada 19 September sampai 1 Oktober 2023. Kagendra melaju ke Regional Qualifier usai meraih gelar juara dalam turnamen Garena CODM Major Series 9 yang baru saja diadakan di Tanah Air.

Sementara itu, tim asal Indonesia lainnya ABC Esports, berpartisipasi dengan status runner up dari Garena CODM Major Series 9.

Babak Group Stage Garena Regional Qualifier akan diadakan pada 19 sampai 24 September 2023. Kagendra dan ABC Esports akan dibagi ke dalam dua grup yang berisi enam tim.

Kagendra dan ABC Esports berada di Grup B bersama Four Suits Esports (Filipina), Omega Esports (Filipina), PowerHouse International (Singapura), dan WDC.XENON (Thailand).

Mengutip siaran pers, Senin (18/9/2023), di babak Grup, pertandingan akan dilakukan secara online dengan format single round robin di tiga mode.

Tiga mode ini adalah Hardpoint (first team to 250 points), Search and Destroy (first team to 7 points), dan Control (first team to 3 points).

 

4 dari 4 halaman

Babak Playoffs dan Grand Finals

Setiap tim akan saling bertemu sebanyak satu kali sepanjang babak ini. Secara total, akan ada 30 pertandingan di antara 12 tim dengan lima pertandingan per hari.

Tim CODM yang berhasil bertahan di di posisi tiga besar dari Grup A dan B, akan melaju ke babak Playoffs.

Babak Playoffs akan dilangsungkan dalam format Double Elimination dengan skema Best of 5. Dengan begitu, hanya akan ada dua tim yang bertarung di babak Grand Finals.

Grand Finals kemudian dilangsungkan dengan skema Best of 7. Kedua tim yang lolos ke babak ini pada 1 Oktober 2023, bakal dikirimkan sebagai wakil Garena Region ke CODM World Championship 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.