Sukses

Lupa Kode Sandi iPhone? Ini 3 Solusi Ampuh Buka Kunci Tanpa Perlu Pakai iTunes

Cek artikel berikut ini untuk mengetahui solusi bagi kamu yang lupa kode sandi iPhone tanpa perlu melakukan pemulihan lewat iTunes.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pengguna iPhone, apa yang akan kamu lakukan jika lupa kode sandi? Apakah kamu akan mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik?

Salah satu solusi yang biasanya dipilih pengguna iPhone adalah Factory Reset. Cara ini memang terbilang ampuh, meski harus diingat, solusi ini ini dapat menghapus semua konten dan pengaturan dari iPhone, sehingga kamu perlu memasang kembali iOS di perangkat. 

Tidak hanya itu, melakukan Factory Reset juga dapat meningkatkan iPhone kamu ke versi iOS terbaru. Cara lain yang biasanya dilakukan utnuk memulihkan iPhone adalah memakai iTunes atau Finder. 

Namun perlu diingat, apabila kedua cara itu gagal, kamu jelas akan mengalami masalah baru. Beruntung, sebenarnya ada solusi lain untuk memecahkan lupa passcode di iPhone besutan Apple. 

Yang menarik, kamu bahkan bisa menghapus iPhone tanpa perlu melakukan Factory Reset. Seperti dikutip dari Gizchina, Kamis (7/9/2023), ada perbedaan antara proses penghapusan dan Factory Reset.

Perlu diketahui, penghapusan iPhone cenderung lebih sederhana. Selain itu, proses ini tidak melibatkan penggunaan iTunes, bahkan tidak juga memerlukan komputer.

Namun, perlu diperhatikan lagi bahwa langkah ini juga berpotensi menghapus data-data dalam perangkat kamu. Hanya saja proses ini lebih sederhana dibandingkan dengan melakukan pemulihan.

Untuk itu, berikut ini Liputan6.com rangkum tiga cara untuk membuka kunci iPhone tanpa perlu memulihkannya dan tanpa menggunakan iTunes. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buka Kunci iPhone dengan iPhone Passcode Refixer

Kalau kamu mengalami masalah dengan iTunes, seperti gagal melakukan pemulihan dengan iTunes, iSumsoft iPhone Passcode Refixer adalah alternatif yang bisa kamu pilih.

iSumsoft iPhone Passcode Refixer merupakan aplikasi pembuka kunci iPhone profesional dan andal yang dapat membantu kamu mengatasi lupa kode sandi kunci layar iPhone, kode sandi Durasi Layar, atau kata sandi ID Apple.

Untuk menggunakan aplikasi ini, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Mulai iSumsoft iPhone Passcode Refixer, pilih Unlock Lock Screen dari tiga opsi yang diberikan di halaman beranda. Kemudian klik Start pada halaman berikutnya untuk melanjutkan.
  2. Klik Next pada halaman aplikasi setelah memastikan iPhone kamu terhubung ke port USB di komputer dengan kabel USB. Aplikasi ini akan secara otomatis mengenali iPhone kamu dan menampilkan informasi modelnya. Jika iPhone kamu tidak teridentifikasi, boot ke mode pemulihan sebelum klik Next.
  3. Klik Download agar aplikasi secara otomatis mengunduh paket firmware Apple yang diperlukan untuk membuka kunci iPhone kamu tanpa iTunes.
  4. Klik Unlock dan aplikasi akan mulai membuka kunci iPhone kamu. Proses ini akan menghapus semua data pengguna dan pengaturan sistem dari iPhone kamu.
  5. Setelah selesai, kamu bisa mengatur ulang iPhone kamu untuk mendapatkan akses.
3 dari 4 halaman

Hapus Data iPhone Lewat Lock Screen

Cara mudah selanjutnya adalah dengan menghapus iPhone kamu. Namun, cara ini hanya berfungsi di iOS 15.2 dan versi terbaru, serta akan berfungsi jika fitur Find My iPhone diaktifkan.

Yang kamu butuhkan untuk menggunakan cara ini hanyalah kata sandi ID Apple dan koneksi internet.

  1. Masukkan kode sandi acak di layar kunci iPhone sampai kamu melihat peringatan iPhone Unavailable bersamaan dengan opsi Erase iPhone. 
  2. Ketuk opsi Erase iPhone, ketuk lagi di halaman berikutnya untuk mengonfirmasi. Kemudian masukkan kata sandi ID Apple kamu. Dengan begitu iPhone kamu akan terhapus.

Metode terakhir yang bisa kamu gunakan adalah hapus iPhone menggunakan Find My. Langkah ini menjadi solusi apabila kamu tidak dapat menghapus iPhone dari layar kunci.

Opsi lainnya adalah mengakses aplikasi Find My dari perangkat lain. Aplikasi ini dapat menghapus iPhone kamu dari jarak jauh. Ini juga merupakan cara umum untuk membuka kunci iPhone yang terkunci tanpa harus memulihkannya menggunakan iTunes.

4 dari 4 halaman

Hapus iPhone dari Jarak Jauh

Untuk menghapus iPhone kamu dengan aplikasi ini, tentunya kamu harus pastikan dulu jika fitur Find My iPhone diaktifkan di iPhone kamu. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan, sebagai berikut.

  1. Buka halaman web Find My dengan tautan icloud.com/find di browser pada perangkat lain yang dapat diakses, seperti komputer; tablet; atau ponsel. Bisa juga buka aplikasinya di perangkat Apple lain.
  2. Masuk ke halaman web atau aplikasi Find My dengan ID Apple dan kata sandi iPhone yang kamu lupa kode sandinya. 
  3. Setelah masuk, pilih iPhone yang kamu lupa kode sandinya. Kemudian ketuk Erase iPhone atau Erase This Device.
  4. Selanjutnya ikuti petunjuk di layar dan aplikasi Find My akan segera menghapus iPhone kamu.

Itu dia tiga solusi yang bisa kamu gunakan apabila lupa kode sandi iPhone tetapi kamu tidak memungkinkan menggunakan iTunes untuk memecahkan permasalahan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini