Sukses

Internet Fixed Broadband Paling Cepat di Indonesia: Biznet, First Media, My Republic atau IndiHome?

Internet fixed broadband paling cepat di Indonesia, apakah Biznet, First Media, IndiHome, atau My Republic.

 

Liputan6.com, Jakarta - Opensignal menganalisa pengalaman fixed broadband di Indonesia dari pengguna di seluruh Jawa dan lima kota besar di Indonesia.

Perusahaan analitik ini memeriksa empat ukuran utama pengalaman pengguna broadband, yakni kecepatan unduhan broadband, kecepatan unduhan puncak, kecepatan unggah, dan pengalaman video.

Dalam analisis terbarunya, pulau Jawa menjadi pusat analisis karena populasi perkotaan lebih besar, didukung penetrasi internet fixed broadband lebih besar, dan jangkauan penyedia layanan lebih luas dibanding wilayah lain di Indonesia.

Hasil analsis tersebut mengungkap, karakteristik paket berlangganan broadband, misalnya kecepatan atau batas data, sangat bervariasi menurut penyedia dan penyebaran campuran paket. Hal ini pun memengaruhi hasil pengalaman rata-rata.

Pengukuran Opensignal menangkap pengalaman pengguna, terlepas dari paket yang dibelinya.

Kecepatan Unduhan Broadband

Hasilnya, menurut Opensignal, sebagaimana dikutip Minggu (9/7/2023), Biznet merupakan yang teratas dalam hal kecepatan unduhan internet fixed broadband di Jawa bersama dengan First Media.

Selain itu, Biznet mengungguli persaingan di berbagai kota, termasuk Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Bekasi dengan margin yang besar. Adapun kecepatan unduh rata-rata berkisar antara 28,1 Mbps hingga 37 Mbps.

First Media mengimbangi Biznet, berbagi posisi teratas dalam kecepatan unduhan broadband di Jawa. First Media menempati posisi kedua untuk metrik ini, jika dilihat dari hasil khusus kota Jakarta, Surabaya, dan Bekasi bersama Oxygen.id.

Dengan kata lain, Biznet dan First Media teratas dalam hal kecepatan unduhan broadband di Jawa. Para pengguna penyedia ini mengalami kecepatan unduhan rata-rata 26,1-26,9 Mbps.

Kecepatan ini 25,9 - 29,7 persen lebih cepat dari My Republic dan 40,5 - 44,7 persen lebih cepat dari IndiHome.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kecepatan Puncak Unduhan Broadband

Pengguna Biznet mendapat kecepatan puncak unduhan broadband tercepat di Surabaya, Bandung, dan Bekasi. Mereka mendapat kecepatan puncak di atas 100 Mbps yang dirasakan di Surabaya dan Bekasi serta di Jakarta.

Biznet dalam hal ini seimbang dengan First Media di posisi tempat teratas dalam Kecepatan Unduhan Puncak Broadband.

Pengguna First Media juga mendapat kecepatan unduhan puncak broadband terbaik kedua di Jawa dan di Jakarta, seimbang dengan Biznet di posisi teratas.

Kecepatan unduhan Biznet mencapai 100Mbps mengungguli First Media dan My Republic masing-masing sebesar 7,4 persen dan 20,9 persen.

Jika Biznet dibandingkan dengan IndiHome, pengguna Biznet mengalami kecepatan unduhan puncak 1,9 persen lebih cepat.

3 dari 4 halaman

Kecepatan Unggahan Broadband

Biznet juga menonjol dalam hal Kecepatan Unggahan Broadband di mana, para pengguna mendapat kecepatan unggahan rata-rata tercepat di Jawa, serta di Ibu Kota Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Bekasi.

Dalam hal kecepatan unggahan broadband, pengguna Biznet mendapat kecepatan rata-rata 33,5 persen lebih cepat dari pengguna My Republic dan 2,6 - 2,8 kali lebih cepat dari First Media dan IndiHome.

 

4 dari 4 halaman

Pengalaman Video Broadband

Dalam hal pengalaman video broadband, pengguna First Media menikmati pengalaman video broadband terbaik di Jawa. Keempat penyedia, yakni Biznet, First Media, My Republic, dan IndiHome mendapatkan peringkat baik (58-68).

Artinya, pengguna rata-rata bisa menyaksikan video pada kualitas 720p atau lebih baik dengan waktu pemuatan yang memuaskan dan sedikit buffering.

Dengan skor pengalaman video broadband 66,9 (dalam skala 100 poin).

Sementara, First Media, My Republic, dan Biznet berbagi posisi teratas untuk pengalaman video broadband di Surabaya.

First Media mengungguli MyRepublic dan Biznet dengan selisih skor sebesar 1,5 - 2,8 poin.

Sementara, IndiHome membuntuti dengan skor 60,9 poin.

Pengguna XL menikmati pengalaman video broadband terbaik di Bekasi. Sementara, IndiHome, My Republic, dan MNC PLay mendapat pengalaman terbaik di Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.