Sukses

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Berbagi Status Langsung ke Facebook Story

WhatsApp mengumumkan kini pengguna bisa berbagi Status langsung ke Facebook Story lewat pembaruan fitur terkini.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membagikan Status mereka secara otomatis ke Facebook Story. Menurut WhatsApp, kehadiran fitur ini tidak lepas dari banyak pengguna menyukai opsi ini.

"Banyak pengguna WhatsApp yang menyukai opsi mengirimkan Status mereka ke Facebook Story. Kami juga menerima masukan bahwa mereka ingin membuat proses ini menjadi lebih mudah," tulis WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (19/4/2023).

Dengan pembaruan ini, pengguna tidak perlu setiap kali membagikan Status WhatsApp mereka secara manual. Namun, kendali akan tetap berada di tangan pengguna karena fitur ini dimatikan secara default.

Untuk itu, pengguna harus memilih untuk menggunakan fitur berbagi Status ke Facebook Story, dan dapat menonaktifkannya. WhatsApp juga memastikan fitur ini dikembangkan dengan mengutamakan privasi pengguna.

"Seperti halnya chat dan panggilan pribadi, Status juga diproteksi oleh enkripsi end-to-end sehingga Anda dapat berbagi secara pribadi dan aman," tulis aplikasi chatting milik Meta tersebut.

Rencananya, fitur ini akan mulai dirilis secara global dan akan tersedia untuk seluruh pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Sebagai informasi, WhatsApp Status juga telah menambahkan fitur baru di awal tahun ini yang memungkinkan pengguna memilih siapa saja yang dapat melihat unggahan mereka.

Diberi nama Pemilih Pemirsa Pribadi, WhatsApp menyediakan fleksibilitas bagi pengguna untuk memperbarui pengaturan privasi per status agar bisa memilih orang yang bisa memilih status, tiap kali mengunggah update status.

Pilihan pemirsa paling baru akan disimpan dan digunakan sebagai opsi default untuk status Anda berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Status WhatsApp Punya 4 Fitur Baru, Apa Saja?

  • Status Suara

Pengguna bisa mengunggah status dalam bentuk pesan suara. Pengguna bisa merekam dan membagikan pesan suara berdurasi hingga 30 detik di status WhatsApp.

Status suara dapat dipakai untuk membagikan update yang lebih personal, khususnya jika pengguna merasa lebih nyaman mengekspresikan diri, dengan cara berbicara daripada mengetik.  

  •  Tanggapan Status

Pengguna menambahkan fitur tanggapan status, untuk memberikan cara yang mudah dan cepat untuk merespons pembaruan status dari kontak dan teman dekat pengguna.

Dikatakan WhatsApp, fitur ini merupakan hal nomor satu yang diinginkan pengguna, menyusul peluncuran Tanggapan di tahun lalu. Sekarang, pengguna bisa dengan mudah membalas status apa pun dengan menggeser ke atas dan mengetuk salah satu dari delapan emoji.

Pengguna masih bisa membalas status menggunakan teks, pesan suara, stiker, dan banyak lainnya.

  • Lingkaran Profil Status untuk Pembaruan Baru

Seperti Instagram Stories, kini status WhatsApp juga hadirkan tanda lingkaran di profil pengguna untuk memberikan informasi ke audiens bahwa ada pembaruan status baru.

Dengan begitu, pengguna tidak akan melewatkan status dari orang tercinta. Lingkaran ini nanti muncul di sekeliling foto profil kontak Anda setiap kali mereka membagikan pembaruan status. Lingkaran ini akan terlihat di daftar chat, daftar peserta grup, dan info kontak.

  • Pratinjau Tautan di Status

Sekarang, saat pengguna mengunggah tatutan di status Anda, Anda secara otomatis melihat pratinjau visual konten tautan tersebut, sama halnya ketika Anda mengirimkan pesan.

Pratinjau visual akan menjadikan status Anda tampil lebih menarik, serta memberikan gambaran lebih baik kepada kontak Anda mengenai isi tautan tersebut sebelum mereka mengkliknya.

Update ini sudah diluncurkan kepada pengguna secara global dan nantinya akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu ke depan.

3 dari 5 halaman

WhatsApp Punya 3 Fitur Keamanan Baru untuk Perkuat Perlindungan Akun Pengguna

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan tiga fitur keamanan baru untuk para penggunanya, di mana salah satunya memungkinkan pemakai aplikasi WhatsApp untuk melakukan verifikasi perangkat.

Mengutip siaran persnya, Sabtu (15/4/2023), WhatsApp juga mengungkapkan bahwa tiga fitur keamanan teranyar ini akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang.

"Di WhatsApp, kami percaya bahwa pesan Anda harus bersifat pribadi dan aman layaknya percakapan langsung," tulis aplikasi messaging milik perusahaan media sosial Meta tersebut.

"Melindungi pesan pribadi Anda menggunakan enkripsi end-to-end adalah dasar dari keamanan tersebut, dan kami tidak akan pernah berhenti membangun fiturbaru guna memberi Anda lapisan privasi tambahan, serta lebih banyak kontrol atas pesan Anda," ujarnya.

3 Fitur Keamanan WhatsApp Terbaru

Berikut ini adalah tiga fitur keamanan baru di aplikasi WhatsApp, yang dijadwalkan bakal mulai bergulir berapa bulan lagi:

  • Perlindungan akun

Jika pengguna perlu mengalihkan akun WhatsApp ke perangkat baru, platform tersebut akan memastikan bahwa itu benar dirinya.

"Mulai sekarang, kami mungkin akan meminta di perangkat lama Anda untuk memverifikasi bahwa Anda ingin melakukan langkah ini sebagai pemeriksaan keamanan tambahan," kata WhatsApp.

Fitur baru WhatsApp ini pun bisa membantu memperingatkan pengguna, apabila ada percobaan yang tidak sah untuk memindahkan akun ke perangkat lain. 

4 dari 5 halaman

Fitur Keamanan Tambahan di WhatsApp

  • Verifikasi perangkat

WhatsApp mengatakan, malware perangkat seluler adalah salah satu ancaman terbesar terhadap privasi dan keamanan orang-orang, karena bisa memanfaatkan ponsel tanpa izin, dan menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mengirim pesan yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, WhatsApp bakal menambahkan fitur pemeriksaan untuk membantu autentikasi akun pengguna tanpa perlu tindakan apa pun, dan melindunginya dengan lebih baik, apabila perangkat disusupi.

  • Kode keamanan otomatis

Pengguna dapat memanfaatkan fitur verifikasi kode keamanan WhatsApp, untuk memastikan chat-nya benar-benar sampai ke penerima yang dimaksudkan. Pengguna bisa memeriksanya secara manual dengan membuka tab enkripsi di bagian info kontak.

Untuk membuat proses ini lebih efisien dan mudah diakses, WhatsApp juga merilis fitur keamanan berdasarkan proses yang disebut Transparansi Kunci, yang memungkinkan Anda secara otomatis memverifikasi, bahwa Anda memiliki koneksi yang aman.

"Artinya, saat mengeklik tab enkripsi, Anda akan dapat segera memverifikasi bahwa pembicaraan pribadi Anda aman," kata WhatsApp.

WhatsApp menambahkan, meski ada banyak cara yang mereka lakukan untuk memperkuat keamanan,ada dua fitur yang dapat diaktifkan hanya oleh pengguna: verifikasi dua langkah dan penggunaan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.