Sukses

Top 3 Tekno: Meta Bakal Disidang karena Curi Algoritma AI hingga Apple Salip Xiaomi

Meta dituduh mencuri informasi algoritma rahasia dari startup bidang kecerdasan buatan atau AI, Neural Magic Inc.

Liputan6.com, Jakarta - Meta dituduh mencuri informasi algoritma rahasia dari startup bidang kecerdasan buatan atau AI, Neural Magic Inc. Perusahaan pun harus menghadapi persidangan atas tudingan tersebut.

Berita ini menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (7/3/2023) kemarin.

Informasi lain yang juga menuai perhatian datang dari Apple yang berhasil menyalip Xiaomi sebagai merek HP paling populer kedua di Asia, hanya di bawah Samsung.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Meta Bakal Disidang Gara-Gara Curi Algoritma AI dari Sebuah Startup

Meta Platforms, induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, kehilangan kesempatan untuk mengakhiri gugatan di pengadilan federal Boston, AS. Meta disebut telah mencuri informasi algoritma rahasia dari startup bidang kecerdasan buatan atau AI, Neural Magic Inc.

Dengan hilangnya kesempatan untuk mengakhiri gugatan, perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg cs ini harus menghadapi persidangan atas tudingan di atas.

Sekadar informasi, menurut Hakim Distrik AS Denise Casper, Meta dituduh mencuri informasi rahasia dari startup AI, Neural Magic, yang memungkinkan sistem AI memproses informasi lebih cepat.

Mengutip Reuters, Selasa (7/3/2023), pengadilan juga menghadirkan kesaksian dari seorang ahli yang menyebut, Meta berutang pada Neural Magic sebesar USD 766 juta (setara Rp 11,7 triliun) dalam bentuk royalti.

Perwakilan Meta dan Neural Magic tidak segera memberi tanggapan dan permintaan komentar atas keputusan tersebut. Namun, proses persidangan dijadwalkan mulai pada September mendatang.

Sekadar informasi, Neural Magic merupakan startup di bidang AI yang berbasis di Somerville, Massachusetts, AS. Startup ini didirikan oleh dua mantan peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Apple Salip Xiaomi Jadi Nomor 2 di Pasar HP Asia, Cuma di Bawah Samsung

Pasar smartphone Asia biasanya didominasi vendor-vendor asal Asia juga seperti Samsung, Xiaomi, atau Realme, meski tidak sedikit pengguna Apple di wilayah ini.

Namun, laporan StatCounter dari Global Stats, baru-baru ini mengungkapkan, Apple berhasil menyalip Xiaomi sebagai merek HP paling populer kedua di Asia, hanya di bawah Samsung.

Temuan ini dimuat dalam data mengenai pangsa pasar terbaru mereka di Mobile Vendor Market Share in Asia for Februari 2023.

Dikutip dari laman StatCounter, Selasa (7/3/2023), per Februari 2023, Samsung memimpin pasar smartphone Asia dengan pangsa 22,27 persen, diikuti Apple di urutan kedua dengan 17,15 persen.

Lebih lanjut, Xiaomi berada di posisi tiga dengan pangsa pasar 16,19 persen, diikuti Oppo dengan pangsa 10,81 persen, dan Vivo dengan 9,76 persen, serta Realme di 6,69 persen.

Mengutip Gizmochina, pangsa pasar Samsung yang besar di Asia bisa dijelaskan dengan kehadiran merek-merek mereka, karena produsen banyak menempatkan iklan dan ketersediaan toko ritel serta layanan offline.

Selain itu, diskon yang diberikan ke produk-produknya setelah peluncuran, menjadikannya terlihat sebagai penawaran yang bagus buat para konsumen.

Sementara, Apple yang menjadi merek smartphone nomor dua di Asia, membuat mereka terlihat semakin memperluas kehadirannya di wilayah ini.

Dengan absennya Huawei, pengguna smartphone flagship yang pernah memakai Huawei, mungkin lebih memilih iOS ketimbang Android, karena kesamaan iOS dengan sistem operasi EMUI Huawei sebelumnya.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Ini Bocoran Harga Beserta Spesifikasi Samsung A54 dan Samsung A34

Samsung disebut-sebut akan segera meluncurkan smartphone seri A-nya, yakni Samsung A54 dan Samsung A34 5G.

Bocoran terbaru mengungkap bahwa Samsung Galaxy A54 dan Samsung Galaxy A34 5G ini akan dirilis pada 15 Maret 2023. Di sisi lain, peluncuran kedua smartphone ini di India dikabarkan akan dilakukan pada akhir Maret nanti.

Mengutip Gizmochina, Selasa (7/3/2023), jelang peluncurannya, kini bocoran harga Samsung A54 dan Samsung A34 5G muncul di internet.

Informasi tersebut pertama diungkap oleh Tipster SnoopyTech melalui akun Twitternya. Lewat cuitannya, ia mengungkap bahwa Samsung Galaxy A34 5G akan dibanderol dengan harga EUR 416 atau setara Rp 6 jutaan. Harga ini adalah untuk opsi storage 128GB.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A54 5G di Eropa akan dijual EUR 519 atau setara Rp 8 jutaan untuk opsi storage 128GB.

Namun demikian patut diketahui bahwa harga di atas merupakan bocoran harga untuk di Eropa. Selama Samsung Galaxy A54 5G dan Samsung Galaxy A34 5G belum dirilis resmi, belum diketahui harga sebenarnya dari kedua smartphone ini.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Facebook sarang hoaks covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.