Sukses

Cara Beli Tiket KRL Jogja-Solo Pakai GoTransit di Aplikasi Gojek

Pengguna kereta Prambanan Ekspress dan commuter line KRL Jogja-Solo sudah dapat menggunakan fitur GoTransit di aplikasi Gojek untuk membeli tiket lewat HP

Liputan6.com, Jakarta Setelah dirilis di Jabodetabek, fitur GoTransit di aplikasi Gojek sudah dapat digunakan untuk membeli tiket KRL di jalur Solo dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dengan peluncuran ini, masyarakat pengguna kereta Prambanan Ekspress Jogja-Kutoarjo dan commuter line KRL Jogja-Solo diharapkan dapat lebih mudah dalam melakukan pembelian tiket, hanya dengan satu aplikasi.

Mengutip siaran pers, Minggu (26/2/2023), fitur GoTransit memungkinkan pengguna membeli tiket secara non-tunai dan tanpa ada deposit saldo.

Selain itu, masyarakat dapat membeli hingga empat tiket sekaligus dalam satu aplikasi, yang berguna untuk bepergian bersama. Gojek juga menyediakan moda transportas penghubung atau feeder, yaitu layanan transportasi GoRide dan GoCar dalam satu aplikasi.

Adapun untuk membuka fitur GoTransit, pengguna Commuter Line Solo-Jogja dan Prambanan Ekspress Jogja-Kutoarjo, harus terlebih dulu memperbarui atau update aplikasi Gojek ke versi terbaru.

Dalam pernyataannya, Gojek mengklaim bahwa layanan GoTransit diterima dengan baik di masyarakat Jabodetabek. Pada September 2022, fitur ini mendapatkan pangsa pasar 74 persen untuk penjualan tiket secara digital.

Diluncurkan pada Juni 2022, GoTransit juga disebut mendorong penetrasi penggunaan tiket digital, sehingga terdapat peningkatan penjualan tiket digital KCI hingga 300 persen atau tiga kali lipat di akhir 2022.

Suryawan Putra Hia, Direktur Utama KAI Commuter menyebut, mereka melihat perilaku pengguna commuter yang semakin menginginkan layanan yang mudah dan nyaman dalam menggunakan commuter line. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Pengguna KRL Jogja-Solo di 2022

"Dengan adanya fitur GoTransit, kami harapkan masyarakat dan wisatawan di daerah Solo dan Yogyakarta untuk terus menggunakan transportasi publik khususnya kereta commuterline," kata Suryawan.

Menurut Suryawan, penggunaan transportasi publik ini pun akan lebih efisien dari segi waktu, bebas dari macet, dan harga tiket yang lebih terjangkau. 

Data KAI Commuter menunjukkan sepanjang 2022, total jumlah pengguna Commuterline Solo-Jogja dan kereta lokal Prambanan Ekspres mencapai 4,4 juta penumpang. Tercatat volume pengguna harian tertinggi mencapai 28 ribu orang lebih pada Oktober 2022.

"GoTransit menjadi salah satu produk ekosistem yang dapat mendukung pertumbuhan jangka panjang grup GoTo, khususnya dalam menarik konsumen baru yang mencari layanan mobilitas lengkap," kata Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo.

3 dari 4 halaman

Cara Beli Tiket KRL Pakai Aplikasi Gojek

Berikut ini adalah cara untuk menggunakan fitur GoTransit di aplikasi Gojek, untuk membeli tiket KRL hanya dengan menggunakan HP saja. 

Cara membeli tiket KRL Commuter Line menggunakan aplikasi Gojek.

  1. Buka aplikasi Gojek
  2. Pilih menu GoTransit
  3. Pilih kotak pembelian tiket KRL Commuter Line
  4. Cari dan isi stasiun awal Commuter Line
  5. Cari dan isi stasiun tujuan Commuter Line
  6. Lakukan pembayaran dengan GoPay atau LinkAja
  7. Pembelian selesai, pengguna akan mendapatkan kode QR yang bisa dipindai untuk masuk atau keluar gate stasiun Commuter Line.

 

4 dari 4 halaman

Kolaborasi GOTO dan KCIC Permudah Akses Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), resmi menggandeng PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) dalam mempermudah akses masyarakat untuk menggunakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). 

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC)menandatangani nota kesepahaman dilakukan untuk mendorong pengembangan transportasi terintegrasi dan pelayanan Kereta Cepat Jakarta- Bandung (KCJB). 

Chief Transportation Officer Gojek, Shobhit Singhal, pihaknya senang mengumumkan kerja sama GOTO bersama KCIC yang segera hadirkan akses mudah bagi Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Kerja sama KCIC dan GoTo diawali dari misi yang sama dalam mendorong pengembangan dan modernisasi transportasi publik di tanah air serta mempermudah akses masyarakat untuk menggunakan kereta cepat," kata Shobhit dalam keterangan resmi, Kamis (2/2/2023).

Melalui kerja sama ini, masyarakat akan dapat dengan mudah mengakses stasiun KCJB.

Di antara stasiun itu yakni Halim (Jakarta Timur), Karawang, Padalarang (Kabupaten Bandung Barat), dan Tegalluar (Kabupaten Bandung) maupun area transit lainnya lewat dukungan layanan transportasi Gojek, GoRide dan GoCar. 

Masyarakat juga dapat membeli tiket KCJB dengan mudah melalui metode pembayaran GoPay. Pengguna juga dapat menikmati fasilitas titik antar jemput nyaman yang nantinya akan menjadi bagian dari fasilitas di stasiun. 

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.